Wakapolri: Polisi siap amankan pilkada serentak

Wakapolri: Polisi siap amankan pilkada serentak

Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono saat melakukan peninjauan peralatan Pusdik Sabhara Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (10/3). (ANTARA Jatim/Marul)

Kami persiapkan sejak dini, segala upaya pengamanannya agar situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif
Sidoarjo (ANTARA) - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono mengatakan jika Polri siap untuk mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 di sejumlah daerah di Indonesia.

"Kami persiapkan sejak dini, segala upaya pengamanannya agar situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif," katanya usai pembukaan Rapat Kerja Teknis Badan Pemelihara Keamanan (Baharkam) Polri Tahun Anggaran 2020, yang berlangsung di Pusdik Sabhara Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa.

Kepada wartawan, Wakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono menjelaskan, dibukanya rakernis Baharkam Polri ini sebagai bentuk kesiapan Polri beserta jajarannya dalam pengamanan Pilkada Serentak dan PON XX Tahun 2020 di Papua.

"Tujuannya untuk menyamakan visi dan misi tentang situasi keamanan dalam setahun ke depan," tuturnya.

Baca juga: Wakapolri: Internet jadi salah satu sarana berkembangnya radikalisme

Ia mengatakan, para peserta ini nantinya akan mendapatkan masukan-masukan dari narasumber dalam institusi Polri atau juga dari luar Polri.

"Nantinya akan dipetakan lokasi-lokasi kerawanan yang ada baik itu tingkat pusat atau tingkat daerah," ujarnya.

Pada Rakernis kali ini mengusung tema "Baharkam Polri Beserta Jajaran Siap Mengamankan Pemilihan Kepala Daerah Serentak dan PON XX Tahun 2020 serta Memelihara Kamtibmas Guna Mendukung Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju".

Dalam sambutannya, Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto menjelaskan bahwa rakernis ini dihadiri 390 peserta dari 34 Polda dan berbagai unsur terkait, dalam rangka menyelaraskan pemahaman para direktur jajaran Baharkam kewilayahan dalam mendukung implementasi kebijakan dan strategi Polri tahun 2020, serta juga diisi dengan kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan Polri.

Baca juga: Wakapolri : Mari wujudkan pilkada aman, damai dan sejuk

"Baharkam Polri merupakan satuan kerja yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi pembinaan keamanan yang mencakup pemeliharaan dan upaya peningkatan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka mewujudkan keamanan dalam negeri," kata Kabaharkam Polri, Komjen Pol. Agus Andrianto.

Dengan kekuatan yang ada, kata dia, Baharkam Polri siap mengamankan Pilkada Serentak 2020, PON XX Papua, mendukung pembangunan nasional, antisipasi bencana alam dan karhutla, serta mengamankan lima program prioritas kerja Presiden, yaitu pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur, memangkas kendala regulasi, penyederhanaan birokrasi, dan transformasi ekonomi.

Kabaharkam Polri berharap, rakernis ini dapat dimanfaatkan seluruh jajarannya untuk menyamakan persepsi dalam memberikan kontribusi bagi terpeliharanya kamdagri dan tercapainya misi Kapolri melakukan penguatan harkamtibmas, peningkatan kualitas SDM, dan pengawalan proyek infrastruktur nasional.

Dalam rakernis Baharkam Polri di Pusdik Sabhara Porong, Sidoarjo akan berlangsung hingga 13 Maret 2020 dan dijadwalkan akan dihadiri sejumlah narasumber.

Baca juga: Satgas Antimafia Bola Jilid III awasi perekrutan atlet

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Istri Kapolri, Wakapolri, & Menkopolhukam adopsi 3 orangutan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar