Bandung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Satgas Citarum Harum akan menanam satu juta pohon sebagai upaya memulihkan lahan kritis di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum.

"Jadi berbagai jenis pohon tersebut akan ditanam, baik di dalam maupun di luar kawasan DAS Citarum," kata Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono di Bandung, Selasa.

Saat ini luas lahan kritis yang terdapat di dalam area DAS Citarum mencapai 15.000 hektare, sedangkan luas lahan kritis di luar area DAS Citarum mencapai 64.000 hektare.

"Sebagai upaya untuk mengatasinya, sepanjang tahun 2019 kami telah menanam hingga 1,5 juta pohon untuk mengkonservasi lahan kritis," kata dia.
Baca juga: Kampus tanam pohon revitalisasi Sungai Citarum

"Sekarang yang siap tanam ada sekitar satu juta pohon. Diutamakan lahan kritis yang ada di dalam kawasan dulu," lanjutnya.

Dia mengatakan sepanjang musim hujan tahun 2020 ini akan ada aksi penanaman pohon telah dimulai dan jenis yang ditanam beragam, mulai dari pohon keras hingga kopi.

"Untuk saat ini sudah beberapa ratus ribu yang ditanam. Pohon kopi saja sudah ada 300.000-an, yang lainnya masih banyak lagi," kata dia.

Selain mengkonservasi lahan, Tri mengatakan pihaknya pada tahun ini juga akan menggalakan penindakan tegas para perusahaan yang kedapatan melanggar aturan pembuangan limbah.
Baca juga: PDIP tanam 220.000 bibit pohon di Jawa Barat
Baca juga: PDIP canangkan gerakan "Leuweung Pajajaran" melalui rehabilitasi hutan


Oleh karena itu pihaknya tidak akan segan-segan membawa perusahaan yang melanggar ke persidangan.

"Jika pabrik yang buang limbah yang belum diolah akan kami peringatkan sebanyak tiga kali. Kami juga akan lebih tegas, perusahaan yang melanggar bisa dimejahijaukan," kata dia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil yang juga berperan sebagai Ketua Umum Satgas Citarum Harum mengatakan program penanaman pohon tersebut tidak akan hanya dilakuan oleh para komandan sektor atau pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Kang Emil mengatakan masyarakat juga akan dikerahkan untuk berpartisipasi melalui sejumlah program khusus.

"Untuk penanaman pohon ini akan melibatkan masyarakat yang sedang berbahagia," kata dia.
Baca juga: Kawasan hulu Sungai Citarum dihijaukan tahun ini
Baca juga: Jepang diminta membantu menata DAS Citarum

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020