Los Angeles (ANTARA News) - Film aksi pahlawan super karya Warner Bros "Watchmen", yang diadaptasi dari novel, diperkirakan menjadi film unggulan pertama di Hollywood tahun ini, dengan hasil "memuaskan", kata seorang pengulas industri Sabtu.

"Watchmen" sudah menjual tiket seharga 29,7 juta dolar AS dalam pra-pertunjukan tengah malam, Kamis dan penayangan Jumat, kata Paul Degarabedian, presiden perusahaan yang menelusuri film laris dan berpusat di Los Angeles, Media By Numbers.

Film tersebut, yang bercerita mengenai beberapa pahlawan yang memiliki kekurangan di New York, secara resmi dibuka Jumat di sebanyak 3.611 bioskop di Amerika Utara, peluncuran terluas yang pernah terjadi buat film dengan kategori-R, setelah penayangan di lebih dari 1.600 lokasi mulai Kamis tengah malam.

Film kategori-R (Restricted) adalah film untuk usia minimal 17 tahun atau penonton yang didampingi orang dewasa. Banyak bagian mungkin berisi bahasa vulgar atau tekanan seksual kuat, penampil tanpa busana, kekerasan dan pertumpahan darah, atau berisi penyelewengan narkotika.

Film itu disutradarai oleh Zack Synder, yang film terdahulunya "300" --yang juga diambil dari novel, mencatat rekor bagi pembukaan terbaik Maret dengan mengantungi hampir 71 juta dolar AS dalam penayangan akhir pekan pertama dua tahun lalu, kata Degarabedian.

Seperti "300", film "Watchmen" adalah pengalaman yang benar-benar unik, sementara "soundtrack"-nya saja sangat sepadan dengan masuknya lagu dari legenda musik pop Jimi Hendrix, Leonard Cohen, NatKing Cole dan Bob Dylan, yang menghiasi sepanjang alur cerita, katanya.

Beberapa pejabat distribusi Warner Bros. telah mengatakan film "Watchmen bukan lah barang yang sulit dijual kepada pemilik bioskop setelah keberhasilan box office fenomenal `300` dua tahun lalu".(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009