Dalam rapat tadi kita membahas soal situasi keamanan Papua, termasuk pengamanan pelaksanaan PON dan pengamanan Pilkada Serentak 2020
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menggelar rapat bersama sejumlah kementerian dan lembaga, termasuk TNI-Polri yang membahas situasi keamanan di Papua.

"Dalam rapat tadi kita membahas soal situasi keamanan Papua, termasuk pengamanan pelaksanaan PON dan pengamanan Pilkada Serentak 2020," kata Mahfud usai menggelar rapat di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa sore.

Terkait penembakan yang terjadi di Tembagapura dan Mimika oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), kata dia, pengamanan di Papua sudah ada prosedurnya.

Baca juga: Mahfud cerita dapat beasiswa Supersemar hingga jadi menteri

"Lah ya itu aja, konkritnya ada prosedurnya, pokoknya menjamin. Bahwa kemudian ada insiden-insiden kan bukan hanya di Papua," tuturnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini kembali menegaskan bahwa kebijakan pemerintah untuk menangani masalah Lapua itu melalui pendekatan kesejahteraan.

"Pemerintah sudah selesai merampungkan draf Inpres No. 9 Tahun 2017 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan Papua yang sudah habis masa berlakunya," ujarnya.

Dalam draf Inpres itu akan ditambah penekanan pada persoalan pendekatan kesejahteraan. Dalam Inpres itu juga akan akan dua desk Papua yang akan ditangani oleh Bappenas dan Kemenko Polhukam yang akan dijadikan satu agar lebih terintegrasi.

"Bappenas akan menangani soal pembangunan umum, sementara Kemenko Polhukam menyangkut pertahanan dan keamanan nasional. Ini akan dijadikan satu agar lebih terintegrasi dan tidak terkesan tentara dan polisi menangani sendiri. Tapi nanti bersama Bappenas melakukan pembangunan Papua lebih komprehensif," ucap Mahfud menjelaskan.

Baca juga: Mahfud sebut negara miliki tugas serius perangi terorisme

Dalam rapat itu hadir Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Fachrul Razi, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate serta perwakilan TNI dan Polri

Sementara itu, Menkominfo Johnny G Plate mengatakan, rapat itu membahas tentang situasi keamanan di Papua sebelum menghadapi kegiatan besar.

"Inikan sebentar lagi ada banyak kegiatan-kegiatan besar di Papua ya. Ada MTQ di Papua dan Papua Barat, lalu setelah itu ada PON jadi gimana persiapannya sehingga Papua yaitu siap dalam menyelenggarakan event-event besar," kata Johnny.

Saat ditanya terkait kondisi di beberapa wilayah Papua, terutama Tembagapura, setelah sempat terjadi baku tembak antara KKB dan TNI/Polri, Johnny tak menjelaskan secara rinci. Dia menegaskan kebijakan pemerintah saat ini dalam penanganan Papua adalah pendekatan kesejahteraan.

"Sehingga yang ditindaklanjuti adalah yang terkait dengan pendekatan kesejahteraan agar kesejahteraan di Papua bisa meningkat dan bisa sederajat dengan wilayah lain di Indonesia," kata politisi Partai NasDem ini.

Baca juga: Mahfud undang Polri dan TNI bahas Papua pada Selasa

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020