Prajurit TNI maksimalkan pemadaman kebakaran gambut di Aceh Jaya

Prajurit TNI maksimalkan pemadaman kebakaran gambut di Aceh Jaya

Anggota TNI dari Kodim 0114 Aceh Jaya terus berupaya memadamkan api yang membakar lahan gambut di Desa Lueng Gayong Kecamatan Teunom, Selasa (10/3/2020) ANTARA/HO

Meulaboh (ANTARA) - Personil TNI dari Kodim 0114 Aceh Jaya bersama Polri, Tagana, BPBD, dan masyarakat terus memaksimalkan upaya pemadaman kebakaran lahan gambut yang terjadi di kawasan Kayee Lhon, Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Data yang diterima dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBP) Provinsi Aceh, luas lahan gambut yang terbakar di daerah itu sepanjang Selasa (10/3) mencapai 30 hektare.

Baca juga: BPBA: Kebakaran lahan gambut di Aceh Jaya meluas capai 30 hektare

“Hingga saat ini kita masih melakukan proses pemadaman lahan gambut yang terbakar. Sepanjang malam personil TNI berada di lokasi untuk memantau dan memadamkan api,” kata Pasiops Kodim 0114Aceh Jaya Kapten Inf La Hasiri di Calang, Ibukota Aceh Jaya, Selasa.

Menurutnya, sulitnya sumber air ditambah cuaca panas dan hembusan angin di lokasi menjadi penghambat utama dalam proses pemadaman lahan gambut di daerah itu.

Baca juga: Lahan gambut seluas dua hektare di Nagan Raya Aceh terbakar

Meski pun demikian, pihaknya berupaya melakukan pemadaman dengan memaksimalkan peralatan dan sumber daya yang ada, sehingga kobaran api di lokasi kebakaran dapat dimaksimalkan.

Baca juga: Simpanan ribuan tahun pun melayang bersama asap kebakaran gambut

TNI juga mengimbau kepada masyarakat di daerah itu agar tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar.

Kebakaran lahan gambut yang terjadi di daerah tersebut diketahui terjadi pada Senin (9/3) pagi dan sejak itu TNI-Polri, BPBD dan pihak terus memadamkan api agar sebaran api tidak semakin meluas.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden ajak ulama Aceh jaga persatuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar