BMKG prediksi sejumlah wilayah di Jatim hujan lebat sore hari

BMKG prediksi sejumlah wilayah di Jatim hujan lebat sore hari

Ilustrasi - Awan tebal bergelayut di Surabaya, Jawa Timur, BMKG memperkirakan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/am.

Sidoarjo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Juanda di Sidoarjo, memprediksi pada Rabu sore ini sejumlah wilayah kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang.

Kasi data dan informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto di Sidoarjo, Rabu mengatakan pihaknya mengeluarkan peringatan dini datangnya hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat siang dan sore hari.

"Di antaranya terjadi di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Tuban, Kabupaten/Kota Blitar, Kabupaten/Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Lumajang, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Kabupaten Sumenep," katanya.

Ia mengatakan, untuk malam hari beberapa wilayah kabupaten lain juga diprediksi bakal mengalami hal serupa.

"Hujan deras disertai angin kencang dan petir diprediksi bakal terjadi pada malam hari di wilayah Pacitan, Tulungagung, Kabupaten Blitar dan Kota Blitar," katanya.

Ia mengatakan, secara umum kondisi cuaca di Jawa Timur pada pagi hari terpantau cerah, meskipun di beberapa wilayah juga ada yang sedikit berawan.

"Untuk Suhu udara berkisar antara 16 derajat celcius sampai dengan 33 derajat celcius," ujarnya.

Sedangkan untuk tingkat kelembaban udara, Teguh mengatakan masih berada pada kisaran 60 sampai dengan 100 persen.

"Selain itu, angin masih didominasi dari arah barat menuju ke barat daya dengan kecepatan antara 05 kilometer/jam sampai dengan 30 kilometer/jam," katanya.

Ia juga mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai potensi terjadinya bencana alam seperti banjir pada saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan di Bandara Juanda untuk memberitahukan kondisi terbaru cuaca di bandar udara demi keselamatan penerbangan," katanya.
Baca juga: BMKG Ingatkan sejumlah wilayah di Jatim hujan lebat tiga hari ke depan
Baca juga: Sejumlah wilayah Jatim diperkirakan hujan lebat Senin malam
Baca juga: Sirkulasi siklonik di selatan Jatim, hujan masih berpotensi terjadi
Baca juga: BMKG: Jatim-Bali-NTB perlu waspadai hujan lebat

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BMKG: Intensitas hujan di Jabodetabek berangsur turun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar