Jakarta (ANTARA) - Setelah sejumlah konferensi teknologi internasional dibatalkan, termasuk Mobile World Congress dan SXSW, penyelenggara Consumer Electronics Show (CES) Asia mengatakan pameran teknologi yang dijadwalkan berlangsung pertengahan Juni di Shanghai itu ditunda.

“Keputusan kami mencerminkan keprihatinan para pemangku kepentingan kami termasuk peserta pameran, pembeli, media dan pembicara,” ujar Consumer Technology Association dalam pernyataan dikutip dari laman Cnet, Rabu.

“Mengingat keprihatinan global yang berkembang tentang dan dampak dari virus corona (COVID-19), kami merasa ini adalah keputusan terbaik untuk semua orang yang terlibat," lanjut penyelenggara.

CES Asia 2020 dijadwalkan berlangsung dari 10 hingga 12 Juni. Meskipun acaranya tidak sebesar CES di Las Vegas, yang tahun lalu menarik lebih dari 42.000 peserta dan lebih dari 520 perusahaan dalam pameran, termasuk Samsung, Huawei dan Google.

Baca juga: Dampak corona meluas, SXSW dibatalkan

Baca juga: Apple batal ikut festival SXSW


“Kami membuat keputusan ini saat ini karena kami tahu perusahaan dan peserta menginvestasikan banyak waktu dan upaya dalam perencanaan untuk pameran dagang seperti CES Asia," kata penyelenggara.

CES Asia menambah panjang daftar konferensi teknologi tahunan yang dibatalkan karena kekhawatiran penyebaran virus corona, yang telah menginfeksi hampir 1.000 orang di AS dan merenggut lebih dari 4.200 jiwa di seluruh dunia.

Mobile World Congress, yang setiap tahunnya diadakan di Barcelona pada akhir Februari, merupakan konferensi teknologi besar pertama yang dibatalkan karena antisipasi akan virus corona.

Belum lama ini, SXSW juga dibatalkan, sementara Facebook dan Google juga memilih untuk tidak mengadakan konferensi tahunan untuk pengembang mereka, F8 dan Google I/O.

Dengan penundaan CES Asia, pameran teknologi berikutnya adalah Computex. Diselenggarakan setiap tahun di Taipei, Taiwan, Computex merupakan platform untuk pengumuman besar bagi sejumlah perusahaan, seperti Asus, AMD dan Nvidia.

Taipei Computer Association belum membatalkan acara yang dijadwalkan berlangsung mulai 2-6 Juni tersebut, demikian Cnet.

Baca juga: Pameran teknologi terbesar MWC 2020 dibatalkan karena virus corona

Baca juga: Realme tetap akan luncurkan X50 meski MWC 2020 batal digelar

Baca juga: Huawei dukung keputusan GSMA batalkan MWC 2020


Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020