Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan publik sejak awal tidak diedukasi dengan baik terkait COVID-19 karena kemungkinan terlalu percaya diri dalam kasus tersebut.

"Ya tentu awalnya memang kita mungkin terlalu percaya diri, publik tidak dari awal diedukasi dengan baik. Sekarang tiba-tiba menjadi banyak, itu tentu kalau sudah begini apa pun ini masalah kita dan dunia," kata Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Karena itu menurut dia, harus dihadapi bersama-sama karena kalau saling menyalahkan maka tidak akan menyelesaikan persoalan sehingga harus diatasi bersama.

Menurut dia, seluruh dunia terdampak COVID-19 bukan saja masalah di Indonesia, melainkan dunia. Untuk itu menurut dia, semua pihak bekerja sama dalam menghadapinya.

"Kita hadapi bersama sama. Kan kalau saling menyalahkan tidak akan menyelesaikan persoalan. Jadi perlu kita atasi bersama," ujarnya.

Dia meminta pemerintah segera memberikan edukasi secara transparan apa adanya dan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat.

Hal itu, menurut dia agar tidak ada ketidakpercayaan dan melakukan langkah-langkah yang tidak tepat dan menimbulkan kerusakan yang tidak perlu.

"Publik sudah mengambil langkah-langkah sendiri, itu sebetulnya ada arahan. Ada 'direction' dari pemerintah, sekarang orang sudah ambil langkah-langkah sendiri," katanya.

Baca juga: RSPI Sulianti Saroso lihat tren warga periksa COVID-19 bertambah

Baca juga: Daya tahan tubuh tentukan kesembuhan COVID-19

Baca juga: Erick Thohir: Wabah COVID-19 buat orang cenderung menahan bersalaman

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020