Jakarta (ANTARA) - NBA menghentikan kompetisi musim ini setelah hasil pengujian terhadap seorang pemain Utah Jazz menunjukkan sang pemain positif terinfeksi virus corona.

"NBA menangguhkan permainan menyusul kesimpulan jadwal pertandingan malam ini sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut," kata NBA dalam pernyataan di laman resminya, Kamis.

"NBA akan menggunakan jeda ini untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya untuk bergerak maju terkait adanya pandemik virus corona," tambahnya.

Pengumuman itu keluar tidak lama setelah pertandingan antara Utah Jazz melawan Oklahoma Vity Thunder dibatalkan beberapa saat sebelum tipoff.

Menurut NBA, seorang pemain Jazz terdeteksi terinfeksi virus corona. NBA mengatakan sang pemain saat itu tidak berada di arena pertandingan.

Jazz mengeluarkan pernyataan terkait masalah itu, dengan mengatakan bahwa sang pemain mengalami gejala-gejala flu, namun awalnya terindikasi negatif untuk influenza dan gangguan pernafasan.

Kemudian diambil keputusan untuk melakukan pengujian ulang terkait virus corona. Hasil pengujian menunjukkan positif dan sang pemain kini dirawat oleh petugas kesehatan di Oklahoma City.

"Hasil uji pendahuluan yang positif didapat tepat sebelum tipoff pertandingan Utah Jazz melawan Oklahoma City. NBA melakukan keputusan tepat untuk menangguhkan pertandingan," demikian pernyataan Jazz.

Mereka menolak mengatakan identitas sang pemain dalam pernyataannya, namun pelatih Denver Nuggets Mike Malone berkata kepada para pewarta bahwa ia yakin pemain bertahan asal Prancis Rudy Gobert merupakan sosok yang dimaksud.

"Rudy Gobert. Menurut Anda, itu tidak akan mempengaruhi kami, kami adalah NBA," kata Malone.

"Salah satu pemain kami terkena virus corona. Siapa yang tahu apa maknanya untuk tim mereka dan tim-tim lain yang telah bertemu mereka," tambahnya.

Di Sacramento, wasit Courtney Kirkland tidak berada di lapangan menjelang waktu dimulainya pertandingan. Kirkland merupakan wasit yang bertugas pada Senin saat Jazz menghadapi Toronto Raptors.

Setelah kedua tim meninggalkan lapangan dan para ofisial berkumpul sebentar, panitia pelaksana mengumumkan bahwa pertandingan tersebut batal dimainkan.

Baca juga: Playoff dan Final Fed Cup resmi ditunda

Baca juga: Jepang bantah Olimpiade 2020 ditunda 1-2 tahun

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020