Jakarta (ANTARA) - Emojipedia selaku organisasi yang mengurus emoji, menemukan sejumlah karakter yang lazim digunakan saat membicarakan virus corona di platform Twitter.

"Sampel berupa 49.621 cuitan unik, yang memuat salah satu dari 12 emoji terpilih, antara 7-8 Maret 2020," kata Emojipedia dalam blog resmi mereka, dikutip Kamis.

Temuan Emojipedia menunjukkan emoji wajah menggunakan masker dan karakter mikroba paling banyak dipakai saat membicarakan virus corona di platform Twitter, masing-masing sebesar 35,82 persen dan 42,09 persen.
 
Baca juga: Samsung ubah karakter Zootopia jadi AR emoji

Baca juga: Update mendatang untuk iOS akan tambah 70 emoji


Emoji berupa karakter wajah yang menggunakan masker biasanya disertai dengan tulisan "sick" atau sakit, "cough" batuk, "mask" masker, "coronavirus" dan "corona".

Sementara karakter mikroba berwarna hijau umumnya diikuti dengan kata-kata antara lain "virus", "coronavirus", "Covid19" hingga "cases" atau kasus.

Selain dua emoji tersebut, Emojipedia melihat karakter yang sering dipakai saat membicarakan virus corona adalah wajah mual, muntah, bersin dan karakter yang sedang menggunakan termometer.
 
Selain itu, ada juga karakter wajah diperban, mobil ambulans, pil, alat suntik, sabun dan spons.

Emojipedia juga menemukan emoji bendera Italia banyak digunakan ketika membahas virus corona karena negara tersebut baru saja menutup sejumlah wilayah yang terdampak wabah.

Selain bendera Italia, bendera China, Amerika Serikat, Prancis dan Spanyol juga digunakan ketika membahas virus corona.
 
Baca juga: 65 emoji baru, boba sampai beruang kutub

Baca juga: Line kolaborasi dengan seniman lokal buat 40 emoji gratis

Baca juga: Twitter sediakan emoji baru selama Ramadhan

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020