Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam di Kepulauan Riau mendapat bantuan alat pendukung penanganan COVID-19 berupa 50 alat pelindung diri (APD) dan dua ventilator dari Pemerintah Singapura.

"Singapura bantu Batam," kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Kamis.

Rudi mengatakan dia mendapatkan telepon langsung dari Presiden Joko Widodo dan menerima pemberitahuan dari Menteri Dalam Negeri Tito Kanarvian mengenai rencana pemberian bantuan tersebut.

Ia mengatakan bantuan alat pelindung diri ditujukan untuk petugas kesehatan yang berhubungan dengan warga yang diduga atau positif terserang COVID-19.

Sementara bantuan ventilator akan diserahkan ke rumah sakit yang ditugasi menangani penyakit akibat infeksi virus corona jenis baru tersebut.

"Hari ini kalau ada suspect (pasien yang diduga terserang COVID-19) ditangani RS Pemkot (RSUD Embung Fatimah) dan BP (RSBP). Kebanyakan di RSUD," kata Rudi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi secara terpisah mengatakan bahwa selain ventilator dan alat pelindung diri, fasilitas kesehatan juga membutuhkan perlengkapan untuk pemeriksaan COVID-19.

"Kita minta tambahan media transfer untuk bawa spesimen," kata Didi.

Baca juga:
Singapura komitmen kerja sama dengan Indonesia terkait COVID-19
14 warga Batam yang dikarantina negatif COVID-19

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020