Padang, (ANTARA) - Anggota DPR RI Dapil Sumbar II Mulyadi mengajak peserta Pilgub 2020 tidak melakukan penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian dan fitnah untuk menciptakan suasana pemilu yang aman dan damai.

"Saya akan maju dalam Pilgub nanti dan kita ajak seluruh peserta jangan ada yang melakukan kampanye hitam," kata dia di Padang, Kamis.

Baca juga: Kader Gerindra usulkan Nasrul Abit-Indra Catri di Pilgub Sumbar

Baca juga: Nasrul Abit nyatakan siap maju Pilgub Sumbar 2020

Baca juga: PKS Sumbar usulkan dua nama kader diusung maju Pilgub


Ketua DPW Partai Demokrat Sumbar itu mengatakan sebaiknya peserta Pilgub Sumbar lebih menonjolkan visi dan misi serta program yang akan ditawarkan kepada masyarakat Sumbar.

"Mari kita ciptakan Pilgub badunsanak yang memberikan kedamaian, kenyamanan dalam menyelenggarakan pesta demokrasi ini," kata dia.

Ia mengatakan Partai Demokrat akan terus memberikan penjelasan dan edukasi kepada masyarakat Sumbar agar jangan gampang percaya terhadap informasi yang belum jelas kebenarannya

Sejauh ini ia menyimpulkan dari evaluasi yang dilakukan partai, masyarakat Sumbar merupakan masyarakat cerdas, tidak mudah dibohongi dan ditipu.

"Hal itu tentu menguntungkan kita karena demokrasi dapat berjalan dengan baik dan mereka dapat menyaring informasi dengan baik," kata dia.

Selain itu Kapolri juga sudah menjamin stabilitas pemilu yakni apabila ada pihak yang membuat kondisi tidak kondusif dan gaduh dengan penyebaran hoaks akan ditindak tegas.

"Kita berharap penegakan hukum terhadap penyebar hoaks, fitnah dan ujaran kebencian akan tegas," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020