Tidak ada negara yang lebih siap dan lebih tangguh daripada Amerika Serikat karena negara ini memiliki perekonomian terbaik, dunia kesehatan yang paling canggih, ilmuwan serta peneliti paling berbakat di seluruh dunia
Washington (ANTARA) - Gedung Putih mengeluarkan transkrip dari pernyataan Presiden AS Donald Trump pada Rabu (11/3) malam sebagai berikut:

Rakyatku: malam ini, saya ingin berbicara mengenai reaksi bangsa kita terhadap wabah virus corona yang belum pernah terjadi sebelumnya, dimulai dari Cina dan sekarang menyebar ke seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), hari ini, secara resmi mengumumkan bahwa COVID-19 merupakan pandemi global.

Kami sering berdiskusi dengan sekutu dan mengerahkan seluruh kekuatan pemerintah federal dan sektor swasta untuk melindungi rakyat Amerika.

Ini adalah upaya yang paling agresif dan komprehensif untuk menghadapi virus asing dalam sejarah modern. Saya yakin dengan terus mengambil tindakan seperti ini, kami akan mengurangi ancaman COVID-19 bagi warga Amerika secara signifikan dan bisa mengalahkan virus ini.

Di awal tahun, negara dan rakyat telah menghadapi tantangan yang tak terduga, termasuk ancaman kesehatan berskala besar dan sangat berbahaya. Kami akan merespon dengan cepat dan profesionalisme yang baik, yang terpenting adalah bagaimana cara menanggapinya.

Tim kami adalah yang terbaik di dunia. Pada awal wabah ini, kami memberlakukan pembatasan perjalanan secara luas terhadap Cina dan karantina yang diamanatkan oleh pemerintah federal untuk pertama kalinya selama lebih dari 50 tahun. Kami menyatakan keadaan darurat kesehatan masyarakat dan mengeluarkan peringatan tingkat tinggi perjalanan ke negara lain sebagai pencegahan menyebarnya infeksi virus yang mengerikan.

Kita bisa lihat kasus di Amerika Serikat yang lebih sedikit daripada di Eropa dikarenakan kami mengambil langkah intensif di awal kasus COVID-19.

Uni Eropa gagal mengambil tindakan pencegahan dalam membatasi perjalanan dari Cina dan daerah terdampak lainnya. Akibatnya sebagian besar tempat di Amerika Serikat dibanjiri wisatawan dari Eropa.

Setelah berkonsultasi dengan para ahli kesehatan terkemuka pemerintah, saya telah memutuskan untuk mengambil beberapa tindakan tegas yang diperlukan untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan semua rakyat Amerika.

Kami akan menangguhkan semua perjalanan dari Eropa ke Amerika selama 30 hari berikutnya untuk mencegah kasus baru masuk ke wilayah Amerika. Aturan ini akan berlaku pada Jumat tengah malam dan akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Warga Amerika yang telah menjalani skrining yang tepat akan diberikan pembebasan dan larangan ini juga tidak akan berlaku bagi sebagian besar perdagangan dan kargo, tetapi untuk beberapa hal harus mendapatkan persetujuan. Pembatasan ini juga tidak berlaku bagi Britania Raya.

Kami memantau situasi di Cina dan Korea Selatan di saat yang bersamaan. Saat situasi mereka membaik, kami akan mengevaluasi kembali kebijakan yang saat ini dibuat.

Saya bertemu dengan para pemimpin perusahaan asuransi kesehatan awal pekan ini dan telah sepakat untuk mengesampingkan semua biaya cicilan untuk pengobatan COVID-19, memperpanjang cakupan asuransi untuk perawatan dan mencegah tagihan medis yang tinggi.

Kami meresmikan beberapa tempat terapi antivirus dalam waktu singkat. Perawatan ini akan secara signifikan mengurangi dampak dan jangkauan virus.

Selain itu, saya menandatangani aturan terkait pendanaan sebesar $8,3 miliar dolar Amerika Serikat untuk membantu Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) dan pemerintah melawan virus, serta dukungan vaksin, perawatan dan distribusi pasokan medis.

Sebagian besar orang Amerika memiliki risiko terdampak yang sangat rendah. Orang muda yang sehat dapat pulih dengan cepat walau terkena COVID-19. Risiko tertinggi berada pada penduduk lansia dengan kondisi kesehatan yang rentan. Dengan demikian, penduduk lansia harus sangat berhati-hati.

Secara khusus, kami menyarankan panti jompo menangguhkan semua kunjungan medis yang tidak perlu. Warga Amerika yang sudah lansia juga harus menghindari perjalanan yang tidak penting di daerah yang ramai.

Pemerintah berkoordinasi langsung dengan masyarakat yang terkena dampak dan dan kami telah mengeluarkan arahan untuk penutupan sekolah, menjaga jarak dan mengurangi pertemuan dalam skala besar atau perkumpulan massa.

Langkah bijak saat ini akan mencegah penyebaran COVID-19 di kemudian hari.

Setiap warga menghadapi risiko yang berbeda dan sangat penting untuk mengikuti arahan dari pemerintah kota Anda yang bekerja sama dengan ahli kesehatan setempat.

Bagi semua rakyat Amerika, sangat penting bagi setiap individu mengambil tindakan pencegahan yang ekstra dan langkah kebersihan yang baik. Masing-masing kita memiliki peran dalam mengalahkan virus ini. Cuci tangan, bersihkan permukaan yang sering digunakan, tutupi wajah dan mulut kalian jika bersin atau batuk dan yang terpenting jika kalian merasa sakit atau merasa kurang sehat, tetaplah di rumah.

Saya akan mengambil langkah darurat untuk memberikan bantuan keuangan dalam memastikan bahwa pekerja Amerika yang terdampak oleh COVID-19 dapat tinggal di rumah tanpa kesulitan keuangan. Upaya ini ditujukan untuk pekerja yang sakit, dikarantina atau menjalani perawatan karena COVID-19.

Saya akan meminta Kongres untuk mengambil tindakan secara hukum untuk memperpanjang bantuan ini.

Sejauh ini, kita memiliki ekonomi terbesar di seluruh dunia karena kebijakan yang telah kita buat selama tiga tahun terakhir.

Bank dan lembaga keuangan kita sepenuhnya modal sangat kuat. Tingkat pengangguran kita yang rendah sepanjang sejarah serta kemakmuran ekonomi ini memberi kita fleksibilitas, cadangan dan sumber daya untuk menangani ancaman yang akan datang kepada kita.

Ini bukan krisis keuangan, ini hanya keadaan sementara yang akan kita atasi bersama sebagai bangsa dan negara.

Malam ini, saya mengumumkan upaya tambahan untuk memberikan dukungan bagi karyawan, keluarga, dan perusahaan: Saya meminta Administrasi Bisnis Kecil (a.k.a SBA, sebuah agen Pemerintah di AS) untuk menyediakan modal dan likuiditas bagi perusahaan yang terkena dampak oleh virus corona.

SBA akan segera memberikan pinjaman ekonomi di negara bagian maupun wilayah lainnya yang terkena dampak virus ini. Pinjaman bunga rendah akan membantu usaha kecil mengatasi gangguan ekonomi sementara yang disebabkan oleh COVID-19. Untuk tujuan program ini, saya meminta Kongres untuk menambah pendanaan sebesar 50 miliar dolar Amerika Serikat.

Baca juga: Perangi virus corona, Trump tunda perjalanan dari Eropa ke AS

Baca juga: Trump mengaku sehat dan tak punya gejala virus corona


Saya akan menggunakan otoritas darurat dengan memerintahkan Departemen Keuangan untuk menunda pembayaran pajak tanpa bunga atau penalti bagi individu atau usaha tertentu yang terkena dampak negatif akibat virus corona. Langkah ini akan memberikan lebih dari 200 miliar dolar Amerika Serikat sebagai likuiditas tambahan untuk perekonomian.

Akhirnya, saya meminta Kongres untuk segera menyediakan bantuan pajak penghasilan kepada warga Amerika. Semoga Kongres dapat mempertimbangkan hal ini dengan bijak.

Kita berada pada masa kritis dalam memerangi virus. Kami membuat upaya penyelamatan dengan langkah awal yaitu pembatasan perjalanan ke China dan Eropa.

Saya tidak akan pernah ragu dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk melindungi kehidupan, kesehatan dan keamanan rakyat Amerika. Saya akan selalu menempatkan kesejahteraan Amerika di atas segalanya.

COVID-19 tidak akan memiliki kesempatan jika kita waspada dan dapat mengurangi kemungkinan terinfeksi, kita akan secara signifikan menghambat penyebaran virus ini.

Tidak ada negara yang lebih siap dan lebih tangguh daripada Amerika Serikat karena negara ini memiliki perekonomian terbaik, dunia kesehatan yang paling canggih, ilmuwan serta peneliti paling berbakat di seluruh dunia.

Kita bersama-sama mengatasi hal ini. Kita harus mengesampingkan politik, menghentikan sikap berat sebelah dan bersatu sebagai satu bangsa dan satu keluarga.

Sejarah telah membuktikan dari masa ke masa, Amerika selalu bangkit dalam menghadapi tantangan dan mengatasi kesulitan.

Sumber : Reuters

Baca juga: AS akan tunda pajak , pinjamkan 50 miliar dolar perangi virus corona

Baca juga: AS larang masuknya warga negara asing yang pernah ke Eropa

Penerjemah: Azis Kurmala
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020