pameran yang akan menampilkan potret industri terkait dengan halal lifestyle di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Sebagai bentuk komitmen mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pusat fesyen muslim dunia, Kementerian Perindustrian memfasilitasi industri kecil dan menengah (IKM) untuk mengikuti ajang Indonesia Industrial Moslem Exhibition atau ii-Motion yang akan digelar pada 17-19 Juli 2020 di Jakarta Convention Center.

Untuk para calon peserta pameran, Kemenperin melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) menyediakan 160 stan pameran secara gratis bagi para IKM yang dinyatakan lolos dalam proses kurasi. Proses kurasi saat ini sedang dilakukan dan akan berakhir pada 19 April 2020.

"II-Motion merupakan pameran yang akan menampilkan potret industri terkait dengan halal lifestyle di Indonesia meliputi komoditi fesyen, kosmetik, perhiasan, aksesoris, makanan dan minuman, serta platform digital yang mendukung industri halal dan ekonomi syariah," ujar Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Jakarta, Kamis.

Gati menjelaskan perkembangan produk muslim Indonesia mulai meningkat sehingga dibutuhkan wadah berupa ajang internasional agar produk muslim Indonesia semakin dikenal di mata dunia.

Ajang ii-Motion yang berskala internasional ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan IKM produk muslim di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan diadakannya ii-Motion ini, diharapkan dapat melibatkan produsen produk muslim asli Indonesia untuk dipertemukan dengan pasar mancanegara, membuka jalur ekspor dan impor produk muslim halal di Indonesia, dan mampu meningkatkan angka penjualan produk lokal.

"Dengan adanya pertemuan antara buyer dengan produsen, kita harapkan akan terjadi proses jual beli baik di tempat tersebut ataupun usai gelaran ii-Motion agar para IKM tersebut dapat naik kelas dan dapat meningkatkan keuntungan mereka," katanya.

Untuk para IKM yang ingin mendaftar dan mengikuti proses kurasi, dapat langsung mendaftar melalui website Kementerian Perindustrian dengan link http://bit.ly/iimotionkurasi2020 atau dapat melihat melalui akun sosial media ii-motion. Bagi para peserta yang lolos kurasi tidak akan dikenakan biaya untuk mengikuti pameran atau gratis.

Baca juga: Kemenperin sediakan 160 stan gratis ajang pameran produk muslim
Baca juga: Menag harapkan pameran foto Muslim Rusia jadi sarana pembelajaran
Baca juga: Pameran travel Korea 2019 usung wisata ramah muslim, ada apa saja?


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020