kami siap menyediakan ambulans lengkap dengan peralatan serta petugas di delapan provinsi berisiko tinggi bila sewaktu-waktu diperlukan
Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said mengatakan PMI siap membantu mengantisipasi persebaran virus corona.

"Fokus Palang Merah sebagai gerakan internasional yaitu bertugas untuk mengomunikasikan risiko ke masyarakat, sehingga untuk menghadapi persebaran virus corona kami telah melakukan sosialisasi yang telah dilakukan sejak pertama kali virus menyebar di Tiongkok, " ujarnya di Bandarlampung, Kamis.

Dia menjelaskan PMI memiliki protokol untuk berkomunikasi dengan seluruh palang merah di dunia, salah satunya membahas mengenai persebaran virus corona.

"Setiap tiga minggu sekali kami selalu berkomunikasi dengan seluruh Sekjen Palang Merah yang ada di dunia mengenai permasalahan virus corona untuk memantau serta mempersiapkan langkah antisipasi, sebab saat ini telah mewabah di sejumlah negara," katanya.

Baca juga: PMI akan bantu edukasi masyarakat terkait corona

Ia menjelaskan Palang Merah akan siap membantu dalam mengantisipasi serta menanggulangi persebaran virus corona melalui beberapa upaya.

"Kami berkewajiban membantu masyarakat serta pemerintah dalam mengantisipasi serta menanggulangi persebaran virus corona, salah satunya dengan menyiapkan relawan yang siap mengedukasi masyarakat mengenai langkah-langkah antisipasi, serta kami siap menyediakan ambulans lengkap dengan peralatan serta petugas di delapan provinsi berisiko tinggi bila sewaktu-waktu diperlukan," katanya.

Sebagai langkah antisipasi lainnya, PMI tengah menambah ketersediaan masker untuk mempersiapkan bila suatu saat dibutuhkan.

"Saat ini masker sulit dicari di pasaran, dan kami tetap menjaga ketersediaan yang ada dan akan terus menambah stok, bila nanti kami diperintahkan untuk membagikan kepada masyarakat kami akan lakukan," katanya.

Ketua PMI Provinsi Lampung Umar Hasan juga menyatakan kesiapan pihaknya terlibat dalam pencegahan virus corona di daerah itu.

"Kami siap membantu mengantisipasi penyebaran virus corona di Lampung, salah satunya kami telah menurunkan relawan untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai langkah pencegahan, seperti penerapan pola hidup sehat dan bersih," ujar dia.

Baca juga: PMI siap bantu pemerintah cegah penyebaran virus corona
Baca juga: PMI sosialisasi penggunaan masker yang baik dan benar

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020