Balapan tersebut telah dijadwal ulang untuk akhir musim
Jakarta (ANTARA) - Jadwal balapan seri pembuka MotoGP 2020 dipastikan mundur lagi usai FIM, IRTA, dan Dorna Sports mengumumkan pada Kamis bahwa Grand Prix Argentina yang seharusnya digelar pada April ditunda akibat ancaman virus corona.

"Akibat wabah virus corona yang sedang berlangsung, balapan tersebut telah dijadwal ulang untuk akhir musim dan kini bakal dilombakan mulai 20 hingga 22 November," demikian laman resmi MotoGP.

Pada tanggal tersebut seharusnya merupakan jadwal untuk balapan MotoGP Valencia. Namun dengan penyesuaian jadwal, seri di Sirkuit Ricardo Tormo itu akan diundur ke 29 November.

Keputusan Argentina ini menjadi yang keempat setelah Qatar, Thailand, dan Amerika memutuskan mengundurkan jadwal balapan dengan alasan serupa.

Baca juga: Jadwal terbaru MotoGP setelah Grand Prix Amerika Serikat diundur

Baca juga: MotoGP Amerika Serikat diundur ke November karena virus corona


Alasan penundaan dilakukan oleh pemerintah setempat sebagai tindakan pencegahan menyusul adanya satu kasus positif corona yang meninggal dunia di Buenos Aries, Argentina.

Dengan mundurnya balapan seri pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Termas de Rio Hondo itu, maka Jerez yang seharusnya menjadi seri kelima akan menjadi kesempatan pertama bagi para pebalap untuk menggeber motornya di kompetisi musim ini.

Baca juga: MotoGP absen di Qatar, Nagashima raih kemenangan emosional di Moto2

Apabila tidak ada keputusan penundaan lagi, MotoGP Jerez yang dilangsungkan di Sirkuit de Jerez-Angel Nieto, Spanyol itu akan dimulai pada 1-3 Mei mendatang.

Sebelumnya, wabah virus corona juga telah memaksa kelas MotoGP ditiadakan di Grand Prix Qatar, dan hanya melombakan Moto2 dan Moto3.

Kemudian, seri kedua di Thailand juga diundur dari 22 Maret ke 4 Oktober. GP Amerika Serikat yang harusnya menjadi seri ketiga juga diputuskan untuk diundur ke 15 Novermber.

Baca juga: Bos Dorna bicara soal batalnya Grand Prix Qatar dan Thailand

Baca juga: MotoGP Qatar batal, Pramac Racing tunda peluncuran motor musim 2020

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020