Padang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Harmanto mengunjungi Bawaslu Sumbar untuk menyamakan persepsi terkait potensi kerawanan pemilu di daerah tersebut.

“Kami ingin bersama-sama dalam melakukan kegiatan pelaksanaan pilkada nanti di Sumbar,” kata dia di Padang, Kamis.

Ia mengatakan Polri telah melakukan pemetaan soal potensi kerawanan dan masuk ke dalam Indeks Potensi Kerawanan (IPK), sedangkan bagi Bawaslu dikenal dengan sebutan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP).

Menurut dia, Polri menempatkan Sumatera Barat di posisi kelima dari seluruh daerah di Indonesia yang memiliki potensi kerawanan pemilu.

Sementara itu Bawaslu Sumbar menempatkan Sumbar berada di posisi ketiga terkait potensi kerawanan pemilu dari seluruh daerah yang melaksanakan pemilu

“Untuk mencari solusi terbaik dalam pencegahan potensi kerawanan itu maka kolaborasi Polri dengan Bawaslu sangat penting, terlebih dari sisi keamanan,” kata dia

Sementara itu Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen menyebutkan Bawaslu menyusun Indeks Kerawanan Pemilu itu berbasis dari 162 indikator dan 51 sub dimensi.

Menurut dia indikator digunakan tentu berkaitan dengan kerawanan dari sisi pengumpulan data-data yang dilakukan Bawaslu termasuk ke daerah yang menjadi basis analisis IKP ini dikeluarkan.

Ia menilai munculnya data IKP Bawaslu tersebut berasal dari data yang juga dikumpulkan dari pihak kepolisian dan juga KPU dan Bawaslu di kabupaten dan kota di Sumbar dan juga rekan-rekan media.

“Berdasarkan data-data dari elemen tersebut tim analisis Bawaslu RI menyusun IKP pilkada serentak 2020 di Sumbar,” katanya

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto mengunjungi Kantor Bawaslu Sumbar didampingi oleh Direktur Intelkam Polda Sumbar Kombes Pol Heri Prianto dan Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumbar AKBP Mochtar Supandi Siregar.

Kedatangan mereka disambut oleh Ketua Bawaslu Sumatera Barat Surya Efitrimen beserta komisioner Bawaslu Sumbar.

Baca juga: Bawaslu Sumbar rekomendasikan Sekjen DPD RI ke KASN

Baca juga: Sekjen DPD RI tidak penuhi panggilan kedua Bawaslu Sumbar

Baca juga: Bawaslu Sumbar jadwal ulang pemanggilan Sekjen DPD RI


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020