Jakarta (ANTARA) - Para pemain Persib Bandung diminta untuk meminimalisir kontak fisik dengan suporter sebagai langkah mewaspadai ancaman virus corona yang saat ini levelnya sudah dinyatakan pandemi oleh WHO.

Dokter tim Persib Rafi Ghani mengatakan kontak fisik itu bisa berupa berjabat tangan, bersentuhan, hingga swafoto. Maka dari itu, ia meminta Bobotoh, sebutan pendukung Persib, dapat memakluminya demi kebaikan bersama.

"Mudah-mudahan suporter bisa mengerti. Kalau misalnya untuk sementara waktu ini, ada pemain yang tidak mau selfie atau jabat tangan, itu untuk kebaikan kita semua. Tentunya kita berharap virus ini bisa diatasi dan semua kembali normal," ujar Rafi seperti dilansir  laman resmi klub, Kamis.

Baca juga: Jadwal Liga 1, misi Persib Bandung raih kemenangan ketiga beruntun

Covid-19 telah menyebar ke sejumlah negara dan menjadi ancaman cukup serius. Rafi berpendapat virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina ini mesti dicegah melalui hal-hal sederhana seperti memakai masker dan mencuci tangan dengan baik.

Selain itu, ia juga meminta Bobotoh yang akan datang ke stadion jika kesehatannya tidak fit maka tidak usah memaksakan hadir.

Baca juga: PB ISSI tunda kejuaraan BMX internasional karena virus corona

"Kami imbau jangan ke stadion kalau merasa kekebalan tubuhnya menurun. Sebaiknya istirahat yang cukup. Kalau mau ke stadion sebaiknya gunakan masker dan mencuci tangan dengan bersih,” ujar Rafi.

Sementara itu, panitia pelaksana pertandingan akan memeriksa suhu tubuh para penonton sebelum masuk ke area stadion. Panpel juga akan menyediakan cairan pencuci tangan sebagai langkah mempertebal kewaspadaan.

"Selaku panpel kita sudah melayangkan ke dinas kesehatan dan kami pun berupaya untuk menyediakan Hand Sanitizer. Tim lain juga sedang melakukan cek suhu untuk penonton," ujar General Koordinator Panpel Persib, Budi Bram Rachman.

Baca juga: Diduga tertular virus corona, skuat Real Madrid harus dikarantina

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020