Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengatakan keterlibatan anak muda desa menjadi salah satu kunci utama kemajuan desa karena tidak jarang dari mereka memiliki terobosan inovatif.

"Setiap ke desa saya selalu tanya ada pemuda nggak? Karena desa yang maju, rata-rata penggeraknya itu pemuda," kata Budi dalam kunjungannya di Desa Wineru, Kecamatan Likupang Timur, Minahasa Utara, Kamis.

Oleh karena itu, dia mengajak anak muda di Desa Wineru untuk berani dan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan positif. Salah satu contoh kuliah di kota sampai selesai kemudian pulang, kerja dan membangun desa.

Wamen Desa PDTT juga mengajak anak muda untuk mencintai dan turut aktif membangun desa. Desa Wineru merupakan salah satu Desa Maju dari 197 Desa Maju di Sulawesi Utara. Adapun total jumlah desa di Sulawesi Utara berjumlah 1.507 desa.

Desa Wineru sendiri tengah mengembangkan potensi ekonomi di bidang pariwisata, yakni Pantai Surabaya. Budi berharap pengembangan pariwisata Pantai Surabaya akan mengangkat desa tersebut menjadi mandiri.

"Dari 1.507 desa di Sulawesi Utara belum ada satupun desa yang berstatus mandiri. Saya sudah tantang gubernur dan bupati di Sulawesi Utara agar tahun depan paling tidak 150 desa yang berstatus mandiri," katanya.

Sementara itu, dia mengatakan Kecamatan Likupang merupakan salah satu kawasan ekonomi khusus pariwisata, selain Danau Toba, Mandalika, Labuan Bajo dan Borobudur.

Baca juga: Desa menjelma menjadi penggerak ekonomi nasional

Dia mengingatkan warga agar memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan produktivitas ekonomi.

Baca juga: Menteri Marwan tegaskan BUMNDes penggerak ekonomi nasional

"Jadi warganya harus siap semua. Warga jangan jadi penonton, harus aktif, harus ada pemberdayaan. BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) harus dilibatkan, masyarakat berproduksi," kata dia.
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020