Anggota TNI-Polri diberi pengetahuan cara sederhana cegah COVID-19

Anggota TNI-Polri diberi pengetahuan cara sederhana cegah COVID-19

Anggota TNI dan Polri yang bertugas di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat saat memperagakan cara mencuci tangan yang baik dan benar di sela rakor Tim Pora dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 di Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Sukabumi pada Kamis, (12/3). (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Sejumlah anggota TNI dan Polri yang bertugas di wilayah Kota Sukabumi, Jawa Barat diberikan penyuluhan berupa cara sederhana untuk mencegah tertular COVID-19 atau lebih dikenal virus corona.

"Sosialisasi ini bukan untuk mengajari, tetapi untuk bersama-sama melakukan pencegahan salah satunya untuk diri sendiri," kata Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi drg Rina Hestiana di Sukabumi, Kamis.

Adapun cara sederhana untuk mencegah terjangkitnya virus yang bisa menyebabkan kematian ini seperti mencuci tangan dengan baik dan benar seperti membilasnya dengan air bersih dan menggunakan sabun antiseptik dan selalu menggunakan hand sanitizer.

Baca juga: Satgas COVID-19, Moeldoko akan kumpulkan praktisi bidang kesehatan

Kemudian, cara lainnya bisa mengenakan masker khusus untuk orang sakit flu mencegah droplet dan selalu melakukan program hidup bersih dan sehat (PHBS) serta yang paling penting menjaga imun tubuh seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan bergizi dan bisa menambah asupan suplemen seperti vitamin.

Lanjut dia, dengan tubuh yang bersih dan sehat maka tidak akan mudah terserang berbagai penyakit khususnya COVID-19. Sosialisasi tersebut tidak hanya kepada eksternal saja, tetapi juga untuk internal apalagi RSUD R Syamsudin SH merupakan salah satu rumah sakit rujukan untuk menangani penyakit ini.

Selain itu, tujuan dari kegiatan yang digelar Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Sukabumi ini adalah sebagai pencegahan dini, apalagi anggota TNI dan Polri perannya sangat penting untuk menenangkan masyarakat agar tidak panik terkait penyebaran COVID-19.

"Pencegahan harus dilakukan oleh semua pihak, tapi yang terpenting adalah tidak panik dan hingga kini untuk Kota Sukabumi belum ada warga yang positif terinfeksi virus corona," tambahnya.

Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah setiap warga harus mengenali gejala-gejala terinfeksi COVID-19 dan jika dicurigai maka harus segera dilarikan ke rumah sakit agar bisa mendapatkan penangangan medis secara intensif.

Baca juga: RSUDZA: Dua orang suspect virus corona di Aceh

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Sukabumi Zulmanur Arif mengatakan kegiatan rapat koordinasi dengan TNI dan Polri terkait keberadaan orang asing dalam upaya mencegah penyebaran virus corona ini sengaja dilengkapi dengan sosialisasi terkait COVID-19.

"Kami yang tergabung dalam Tim Pengawasan Orang Asing (Pora) tentunya dengan adanya penyebaran virus itu harus ditanggulangi sejak dini, pengawasan ini sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) instansi masing-masing," katanya. (KR-ADR)

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar