Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey berharap penyajian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) disajikan sesuai peraturan.

"Alangkah baiknya kalau provinsi dan seluruh kabupaten dan kota di Sulut dapat memberikan laporan keuangan yang benar sehingga betul menunjukkan apa yang telah kita lakukan untuk masyarakat. Keberhasilan kabupaten dan kota adalah keberhasilan provinsi juga,” kata Gubernur Olly di Manado, Kamis.

Gubernur saat penyerahan LKPD kepada Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Sulut, Karyadi mengatakan, penyampaian LKPD Unaudited merupakan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 56.

Payung hukum tersebut menyatakan gubernur/bupati/walikota menyampaikan laporan keuangannya kepada BPK RI paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Gubernur kemudian mengharapkan jajaran BPK dapat memberikan masukan terhadap LKPD yang telah disampaikan pemprov dan pemkab/pemkot sehingga manajemen pengelolaan keuangan daerah semakin transparan, akuntabel, efektif dan efisien.

Menurut Olly, BPK selain mengemban tugas sebagai "external control" bagi pemerintah daerah juga menjadi lembaga konsultansi dalam mengefektifkan manajemen pengelolaan keuangan daerah.

Baca juga: Gubernur Sulut harap BPK awasi pemanfaatan anggaran Rp773 miliar

Kepala BPK RI Perwakilan Sulut, Karyadi, mengatakan bahwa opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan adalah kewajiban seluruh pemda dan instansi pemerintah.

“Karena ke depan bukan saja opini yang diberikan. BPK tidak hanya memeriksa laporan keuangan tetapi bagaimana dampak pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat di daerah masing-masing,” ujar Karyadi.

Baca juga: Mendagri lantik Bupati Kepulauan Talaud

Baca juga: Gubernur Sulut Tunggu Bupati Talaud Datang Melapor

Baca juga: Gubernur Sulut ajak WP lapor SPT E-Filling sejak dini

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020