Washington (ANTARA) - Ketika penyakit virus corona baru (COVID-19) terus menyebar di seluruh dunia, Dana Moneter Internasional (IMF) mengingatkan kerja sama internasional sangat penting dalam menangani wabah secara efektif dan menyerukan tindakan terkoordinasi di berbagai bidang.

"Jelas ini adalah penyakit, ini bukan sesuatu yang berhenti di perbatasan nasional. Kita perlu bekerja sama," kata juru bicara IMF Gerry Rice pada jumpa pers reguler, Kamis (12/3), yang diadakan dari jarak jauh karena situasi saat ini.

"Ada aspek informasi. Kita perlu berbicara satu sama lain, bertukar informasi, mempelajari virus ini, memanfaatkan sumber daya kita sebanyak yang kita bisa," kata Rice.

Baca juga: IMF, Bank Dunia sediakan pembiayaan darurat miliaran dolar atasi Covid

Memperhatikan bahwa pemberi pinjaman multilateral telah meminta pemerintah-pemerintah untuk lebih visioner, juru bicara IMF meminta negara-negara untuk memperkuat sistem kesehatan masyarakat "pertama dan terutama" dan untuk menahan dampak pada ekonomi.

"Jadi, itu adalah pembiayaan yang ditargetkan untuk mendukung sistem perawatan kesehatan, untuk segera membantu orang-orang yang terkena dampak dan kedua, dukungan moneter dan fiskal untuk membantu ekonomi di tempat yang paling dibutuhkan," kata Rice.

IMF mengumumkan pekan lalu bahwa pihaknya menyediakan sekitar 50 miliar dolar AS melalui fasilitas pembiayaan darurat yang cepat dicairkan untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan negara pasar berkembang sehubungan dengan wabah COVID-19.

Rice juga menyoroti Catastrophe Containment and Relief, yang merupakan instrumen lain IMF untuk "negara-negara yang sangat miskin" guna membantu mereka dengan pengurangan utang. "Dan kami telah meminta keanggotaan kami," katanya.

Baca juga: Wabah virus corona ancam pemulihan ekonomi global : IMF

Memperhatikan bahwa Inggris mengumumkan sebagai bagian dari pernyataan anggarannya bahwa mereka memberikan kontribusi terhadap 150 juta pound (sekitar 190 juta dolar AS), juru bicara IMF mengatakan, "Kami sangat menghargai upaya itu dan kami mendesak negara-negara anggota lain untuk membuat kontribusi yang sama."

Menyusul perkembangan terakhir, IMF baru-baru ini memproyeksikan bahwa pertumbuhan global pada 2020, "dalam skenario apa pun," akan turun di bawah level tahun lalu, yaitu 2,9 persen.

"Seberapa jauh akan jatuh? Berapa lama, bagaimana perkiraan kita? Sulit untuk diprediksi pada saat ini, jelas mengingat ketidakpastian," kata Rice.

Dia menambahkan bahwa "itu tentu saja tergantung pada penyebaran, penjalaran wabah. Itu tergantung pada langkah-langkah yang diambil untuk menanggapi dan seberapa efektif mereka."

Baca juga: Ketua IMF yakin ekonomi China tetap tangguh di tengah wabah Corona

Baca juga: IMF, Bank Dunia uji kemampuan kerja jarak jauh jelang rapat virtual

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2020