Sejak Festival Indonesia di Moskow pertama di tahun 2016, kenaikan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia mencapai hampir 100 persen
London (ANTARA) - Indonesia tetap mempromosikan potensi pariwisata di Moskow, Rusia, sekalipun wabah virus corona meluas di sejumlah negara sehingga banyak wisatawan menunda perjalanan ke luar negeri.

Duta Besar Indonesia di Federasi Rusia dan Republik Belarus M. Wahid Supriyadi dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA London, Jumat, mengatakan Rusia menjadi salah satu tumpuan bagi industri wisata Indonesia, hal ini tercermin dari pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia yang mencapai angka tertinggi dibandingkan pelancong Eropa lainnya di tahun 2019.

"Sejak Festival Indonesia di Moskow pertama di tahun 2016, kenaikan jumlah wisatawan Rusia ke Indonesia mencapai hampir 100 persen. Jumlah wisatawan Rusia berwisata ke Indonesia 2019 naik 26,42 persen menjadi 158.943 orang dibandingkan 2018 yakni 125.728 orang," kata Dubes M. Wahid Supriyadi dalam Destination Gathering diadakan KBRI Moskow bekerjasama dengan Singapore Airlines, di Wisma Duta KBRI Moskow, Kamis ( 12/3).

Dalam Destination Gathering dihadiri sekitar 28 pimpinan tour operator, Dubes mengatakan secara keseluruhan pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan Rusia ke Indonesia naik ke peringkat tertinggi ketiga setelah Uni Emirat Arab (27,68 persen) dan Vietnam (26,65 persen).

Dikatakan sekitar 90 persen tujuan wisatawan Rusia adalah Bali, KBRI Moskow menggandeng berbagai pihak seperti maskapai penerbangan dan para tour operator mempromosikan destinasi wisata Indonesia di luar Bali.

Untuk menambah wawasan para tour operator tentang destinasi wisata Indonesia Beyond Bali, Edi Suharto, Minister Counsellor KBRI Moskow memaparkan lima tujuan wisata yang dapat menjadi opsi lainnya bagi turis Rusia apabila berkunjung ke Indonesia. Destinasi tersebut memiliki infrastruktur yang memadai yang dikenal destinasi dengan triple A (Accessibility, Attraction, Amenities) yakni Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Pantai Likupang dan Mandalika.

General Manager Singapore Airlines Rusia Biren Poh mengatakan selain memfasilitasi penerbangan Moskow-Denpasar, pihaknya juga mendukung KBRI Moskow mempromosikan pariwisata Indonesia di Rusia dengan memfasilitasi penerbangan familiarization trip bagi sejumlah tour operator Rusia berkunjung ke Indonesia di tahun 2020.

“Kegiatan destination gathering semacam ini sangat menarik dan bermanfaat bagi tour operator seperti kami untuk merancang paket wisata terutama ke Indonesia. Terkait merebaknya COVID 19, meskipun ada beberapa klien kami yang membatalkan kunjungannya ke Indonesia, jumlahnya tidak terlalu banyak,” ujar Nadia Sartova, peserta dari Quintatour.

Gathering dibuka dengan penampilan Tari Soyong dan diakhiri dengan santapan kudapan khas Indonesia. Melengkapi promosi tentang Indonesia, peserta memperoleh goody bag berisi produk Indonesia yang memasuki pasar Rusia yakni Indomie Goreng cup dan Kopi Torabika Capuccino.

Destination Gathering ini merupakan salah satu upaya KBRI Moskow untuk mendorong peningkatan wisatawan Rusia ke Indonesia bahkan di tengah isu COVID-19 seperti sekarang. KBRI Moskow secara rutin mengadakan program kegiatan kerja sama dengan Kementerian Pariwisata Indonesia berupa sales mission, joint promotion program, partisipasi pada pameran pariwisata, familiarization trip serta penyelenggaraan Festival Indonesia. 

Baca juga: Wonderful Indonesia dipromosikan di dua kota besar di Rusia
Baca juga: Turis Rusia menyerbu Bali


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020