Gerakan "Prokasih" ajak masyarakat Lumajang peduli kebersihan sungai

Gerakan "Prokasih" ajak masyarakat Lumajang peduli kebersihan sungai

Kegiatan Program Kali Bersih di Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jumat (12/03/2020) (ANTARA/ HO-Humas Diskominfo Lumajang)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gerakan Program Kali Bersih (Prokasih) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur diharapkan dapat mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk peduli terhadap kebersihan sungai.

Kegiatan bersih-bersih sungai dilakukan dengan melibatkan unsur TNI-Polri, beberapa komunitas dan masyarakat sekitar di wilayah selatan Kabupaten Lumajang tepatnya di Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jumat.

"Prokasih merupakan kegiatan rutin yang dilakukan unit kerjanya secara bergantian di seluruh wilayah Lumajang yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan sungai," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lumajang Yuli Harismawati di Lumajang.

Menurutnya permasalahan terkait kebersihan sungai telah menjadi kegiatan pelestarian dan peningkatan kepedulian terhadap lingkungan yang salah satunya dilakukan adalah pelestarian fungsi sungai melalui Program Kali Bersih.

"Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat menjaga kebersihan sungai untuk mencegah pencemaran air sungai dan memberlakukan sungai sebagainana mestinya," katanya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya akan terus mengajak dan berkoordinasi dengan semua pihak, tidak hanya unsur forum komunikasi pimpinan tingkat kecamatan, atau pemerintah desa.

"Kami juga berharap warga sekitar sungai Kelompok Peduli Lingkungan Kecamatan , Karang Taruna, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan komunitas lainnya juga ikut aktif menjaga kebersihan sungai," katanya.

Sementara Komandan Koramil Pasirian Kapten Sujarno menjelaskan kegiatan bersih sungai itu merupakan upaya untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan utamanya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

"Kami bersama seluruh komponen masyarakat juga bekerjasana dengan komunitas melakukan kegiatan bersih kali, sehingga harapannya dapat memotivasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah ke sungai," katanya.

Kegiatan Prokasih dilakukan di tiga titik dengan melibatkan unsur komunitas yang ada di Kecamatan Pasirian.
Baca juga: BPBD: 4.742 jiwa terdampak banjir di Lumajang
Baca juga: Pemkab Lumajang OTT pengurangan sampah plastik di toko dan OPD
Baca juga: Pemkab Lumajang perbaiki tanggul jebol yang akibatkan banjir
Baca juga: Ratusan KK terdampak banjir di Desa Rowokangkung Lumajang, sebut BPBD

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar