BEI sebut ada dana pensiun dan asuransi akan beli saham

BEI sebut ada dana pensiun dan asuransi akan beli saham

Jajaran direksi BEI berdiskusi dengan wartawan di Jakarta, Jumat. (ANTARA/Citro Atmoko)

Saya belum bisa sebutkan institusinya tapi institusi cukup besar Senin akan ke sini dan juga ada insurance yang cukup gede
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi mengatakan akan ada perusahaan dana pensiun (dapen) dan juga perusahaan asuransi yang akan melakukan pembelian saham di bursa.

"Senin insya Allah ada beberapa dana pensiun yang commit untuk membeli karena mmg saat ini saat yg tepat untuk belanja saham-saham yang bagus," ujar Inarno saat diskusi dengan wartawan di Jakarta, Jumat.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah meminta pengelola dapen perusahaan milik negara untuk turut serta melakukan penetrasi ke pasar dalam rangka membantu stabilitas pergerakan saham di dalam negeri.

"Saya belum bisa sebutkan institusinya tapi institusi cukup besar Senin akan ke sini dan juga ada insurance yang cukup gede," kata Inarno.

Sementara itu, merespon anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), ia meminta kepada para investor untuk tenang dan lebih rasional menyikapinya.

"Kita ingin supaya investor itu lebih rasional lah.
Jangan ikut-ikutan panik, satu arah semuanya jual. Kalau misalnya semua panik agak repot," ujarnya.

Ia menambahkan, BEI rutin berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator, investor, dan juga asosiasi.

"Kita di situasi enak atau sulit, kita selalu juga koordinasi dengan mereka, itu biasa. Jadi bukan karena kondisi apa segala macam, kita lakukan rutin. Tentunya kondisi skrg ini lebih sering lagi kita ketemu," kata Inarno.

Pada penutupan perdagangan sesi pertama, IHSG anjlok 245,78 poin atau 5,02 persen ke posisi 4.649,97.

Baca juga: BEI kembali ubah batas bawah "Auto Rejection" jadi tujuh persen
Baca juga: BEI: Belum ada BUMN yang sebutkan akan buyback saham

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

IHSG menguat ikuti naiknya bursa dunia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar