Maskapai Flynas layani jamaah haji Embarkasi Palembang 2020

Maskapai Flynas layani jamaah haji Embarkasi Palembang 2020

Arsip Foto - Jamaah Calon Haji (JCH) asal Sumsel tiba di Asrama Haji Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (27/8/2015). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc/aa.

Artinya kini ada tiga maskapai yang akan mengangkut jamaah haji Indonesia, yakni Garuda Indonesia Airlines, Saudi Arabia Airlines, dan Flynas Airlines
Palembang (ANTARA) - Maskapai penerbangan Flynas akan melayani jamaah haji dari Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan, mulai tahun 2020.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Muhajirin Yanis di Palembang, Jumat, mengatakan hadirnya maskapai baru ini diharapkan bisa mempertahankan sekaligus meningkatkan kualitas layanan maskapai-maskapai sebelumnya.

Baca juga: JAS tangani penerbangan maskapai arab Saudi Flynas Airlines

“Artinya kini ada tiga maskapai yang akan mengangkut jamaah haji Indonesia, yakni Garuda Indonesia Airlines, Saudi Arabia Airlines, dan Flynas Airlines,” kata dia.

Ia mengatakan penambahan maskapai ini berdampak positif karena mendorong terjadinya penurunan harga tiket yakni dari Rp30,2 juta pada 2019 menjadi Rp29,6 juta pada 2020.

“Sebenarnya, ada satu maskapai lagi yang sempat melakukan negosiasi harga, namun mengundurkan diri. Mudah-mudahan ke depan makin banyak maskapai yang siap memberangkatkan haji, sehingga harga tiket jamaah menjadi lebih murah,” kata dia.

Ia menjelaskan bahwa sejauh ini biaya tiket menjadi biaya terbesar dari keberangkatan jamaah haji.

Baca juga: Maskapai Flynas mulai beroperasi hari ini di Terminal 3 Soekarno-Hatta

Meski saat ini biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) di setiap embarkasi belum diputuskan pemerintah, namun ia memperkirakan bakal terjadi penurunan jika dibandingkan tahun lalu.

Manajer Operasional Flynas Khalid mengatakan perusahaannya telah berbisnis angkutan penerbangan selama 13 tahun, dengan tiga tahun terakhir telah mengangkut sebanyak 50 persen jamaah haji yang diangkut Saudia Airlines.

“Kami juga mengangkut seluruh jamaah haji dari Malaysia. Namun Indonesia merupakan negara dengan jumlah jamaah haji terbanyak. Ini menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi Flynas untuk bersaing dengan perusahaan penerbangan lainnya,” kata dia.

Flynas telah berpengalaman memberangkatkan jamaah haji dari Malaysia, India, dan negara-negara Afrika.

Untuk tipe pesawatnya, Flynas menyediakan pesawat Boeing 747 Seri 400 dengan kapasitas 500 tempat duduk.

Baca juga: Flynas Airlines layani penerbangan umrah dari empat kota di Indonesia

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Angkasa Pura I lakukan 4 strategi hadapi pandemi COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar