Hadapi Pilkada serentak, PDI Perjuangan gelar rakerda di Papua

Hadapi Pilkada serentak, PDI Perjuangan gelar rakerda di Papua

Suasana Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membuka Rakerda I DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (13/3). (ANTARA/Musa Abubar)

Sentani, Jayapura (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Papua menggelar rapat kerja daerah pertama membahas kepeloporan kader dalam membangun daerah itu dan persiapan pemilihan umum kepala daerah serentak pada 23 September 2020 nanti.

Rakerda I DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua yang berlangsung selama dua hari ini yakni Jumat-Sabtu (13-14 Maret) itu berlangsung di salah satu hotel Sentani, Kabupaten Jayapura itu dibuka secara resmi oleh Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Hadir dalam Rakerda I DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua itu, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan, Jhon Wempi Wetipo, para pengurus DPD PDI Perjuangan, dan DPC PDI Perjuangan di Papua.

Baca juga: PDIP fokus di sembilan kabupaten pada Pilkada di Papua

Rapat kerja daerah I DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua mengusung tema solid bergerak wujudkan Indonesia Negara Industri berbasis riset dan inovasi nasional.

"Rapat Kerja pertama PDIP di Provinsi Papua ini untuk membangun optimisme terhadap masa depan Papua ini melalui kepeloporan kader-kader PDI Perjuangan," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai membuka Rakerda I DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, di Sentani, Jumat.

Lanjut dia, dimana arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Suekarno Putri adalah agar seluruh kader mengedepankan dialog, kemudian membangun optimisme, kedepankan nilai-nilai kemanusiaan dan perhebat semangat untuk mencerdasakan kehidupan bangsa.

Selanjuntunya, kata dia, melakukan pendidikan politik dengan mendorong semangat gotong- royong diantara kader- kader partai.

"Jadi, ibu Megawati Soekarno Putri menaruh perhatian terhadap Papua, termasuk juga bapak Presiden Joko Widodo karena ini menjadi bagian dari jalan kebudayaan kita untuk membangun martabat dan juga membangun kemajuan masyarakat Papua dengan mengedepankan aspek-aspek sosiologis," ujarnya.

Baca juga: PDIP targetkan menang 60 persen pilkada serentak

Tapi juga, menurut dia, pendekatan dialog tapi juga untuk memastikan agar keamanan dapat tercipta dengan baik melalui partisipasi dari seluruh masyarakat di Papua ini.

Dia mengatakan Rakerda ini juga menyiapkan Pilkada serentak nanti dimana di Papua dari 11 kabupaten yang menjadi peserta Pilkada, PDI Perjuangan hanya fokus di sembilan kabupaten yang menjadi peserta Pilkada.

Ia menambahkan, sembilan daerah dari PDI Perjuangan yang mengikuti Pilkada ini akan dilakukan konsolidasi dan secara ideal partai akan mendorong kader-kader partai untuk masuk dalam jabatan-jabatan stategis.

"Mereka yang nantinya direkomendasikan, wajib mengikuti sekolah partai, sehingga kami buktikan keseriusan PDI Perjuangan dalam menyiapkan kepala daerah," ujarnya.

Baca juga: Megawati dijadwalkan umumkan 50 bakal calon kepala daerah asal PDIP

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pengacara sebut Wahyu Setiawan tak tahu sumber dana suap

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar