Jakarta (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump Kamis malam waktu setempat memuji persiapan Olimpiade Tokyo dan pembangunan venue-nya padahal beberapa jam lalu dia meminta Olimpiade musim panas itu ditunda sampai satu tahun karena virus corona.

Perubahan sikap Trump itu terjadi setelah dia berbicara lewat telepon dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

"Baru saja mengadakan pembicaraan hebat dengan Perdana Menteri Abe dari Jepang. Saya katakan pada dia bahwa telah menuntaskan venue Olimpiade itu sungguh luar biasa," cuit Trump seperti dikutip AFP yang dipantau dari Jakarta, Kamis waktu setempat.

"Dia sudah melakukan pekerjaan yang luar biasa, yang akan membuat dia bangga sekali. Hal-hal baik akan menimpa Jepang dan Perdana Menteri mereka yang hebat. Banyak pilihan!"

Baca juga: Jepang tegaskan Olimpiade jalan terus walau Trump minta ditunda

Padahal beberapa jam sebelumnya Trump menjadi pemimpin asing pertama yang menyarankan penundaan Olimpiade Tokyo akibat virus corona yang membuat Abe "sahabatnya" terguncang.

"Mungkin mereka menundanya untuk satu tahun," kata Trump kepada wartawan di Ruang Oval, 19 pekan sebelum pembukaan Stadion Olimpiade Tokyo.

Pernyataan Trump itu disampaikan pada hari yang sama dengan para aktris berpakaian pendeta kuno Yunani menggelar seremoni penyalaan obor Olimpiade di kota kuno yang menjadi asal Olimpiade di Yunani, Olympia.

Baca juga: Ini pernyataan Presiden Trump kepada rakyat AS tentang virus corona
Baca juga: Api Olimpiade Tokyo dinyalakan di Yunani tanpa penonton
Baca juga: Jepang bantah Olimpiade 2020 ditunda 1-2 tahun

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020