Jakarta (ANTARA) - Pandemi virus corona praktis memengaruhi sebagian besar liga-liga sepak bola di dunia, termasuk Bundesliga Jerman yang mempertimbangkan untuk menghentikan kompetisi tersebut.

Virus corona telah membuat kompetisi-kompetisi sepak bola di Eropa ditunda sementara. Liga Italia ditangguhkan sampai 3 April sedangkan Liga Spanyol harus ditunda dua pekan mendatang.

Baca juga: Tidak hanya La Liga, Spanyol juga tangguhkan kompetisi lainnya

Baca juga: Serie A resmi dihentikan sementara akibat krisis corona di Italia

Baca juga: Liga Inggris mungkin dihentikan sementara akhir pekan ini


Menurut laporan Marca pada Jumat (13/3), Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) akan mengadakan rapat pada Senin pekan depan untuk membahasnya langkah selanjutnya yang harus diambil.

Bila Liga Jerman harus terpaksa dihentikan, artinya Bayern Munchen yang kini menempati puncak klasemen bisa saja ditunjuk sebagai juara musim ini.

Hingga pekan ke-25, Bayern Munchen memuncaki klasemen dengan mengumpulkan 55 poin. Terpaut empat poin dari Borussia Dortmund di peringkat kedua.

Baca juga: Pukul Augsburg, Bayern kokoh di pucuk klasemen

Baca juga: Bayern mantapkan posisi puncak, meski pertandingan sempat dihentikan


Bundesliga juga memiliki opsi lain yaitu tidak memberikan gelar juara ke klub manapun. Sedangkan Borussia Dortmund, RB Leipzig dan Borussia Monchengladbach akan lolos ke Liga Champions.

Kemudian Bayern Leverkusen, Schalke, dan Wolfsburg mendapatkan "slot" Liga Europa.

Tidak ada tim yang terdegradasi, tetapi empat tim dari divisi kedua akan tetap dipromosikan, dengan begitu Bundesliga akan diikuti 22 tim dan jatah tim yang terdegradasi bertambah menjadi empat.

Baca juga: UEFA tunda seluruh laga Liga Champion dan Liga Europa pekan depan

Baca juga: Akibat corona mewabah, Liga Prancis pun turut dihentikan

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020