Sepak Bola Nasional

LIB segera susun protokol khusus selenggarakan laga

LIB segera susun protokol khusus selenggarakan laga

Direktur Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri.(berdiri di podium) menyampaikan sikap organisasi setelah melakukan rapat dengan Menpora Zainudin Amali terkait keberlanjutan kompetisi olahraga Indonesia, di Gedung Menpora, Jakarta, Jumat (13/3/2020). (ANTARA/A Rauf Andar Adipati)

Jakarta (ANTARA) - PT Liga Indonesia Baru (LIB) segera menyusun protokol atau standar prosedur operasional (SPO) untuk penyelenggaraan pertandingan-pertandingan sepak bola profesional di Indonesia.

Hal itu dilakukan setelah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali melakukan pertemuan dengan para pemangku kepentingan olahraga Indonesia, termasuk PSSI dan LIB, terkait antisipasi virus corona di Gedung Kemenpora, Jakarta, Jumat.

"Kami akan segera menyusun protokol/sop untuk penonton, anggota tim, dan pemain," kata Direktur LIB Cucu Somantri.

Baca juga: PT LIB dorong seluruh klub pertebal deteksi kesehatan

Menpora menyerahkan keputusan keberlanjutan penyelenggaraan kompetisi olahraga profesional kepada induk masing-masing cabang olahraga.

Pertandingan sepak bola yang melibatkan banyak penonton merupakan salah satu cabang yang telah terkena dampak langsung dari pandemik virus corona.

Persija Jakarta tidak dapat melakukan pertandingan kandang melawan Persebaya Surabaya pada akhir pekan silam. Tim Macan Kemayoran juga harus bermain tanpa penonton saat dijamu Bhayangkara FC Sabtu (14/3) besok.

Baca juga: LIB tunda laga Persija versus Persebaya

Cucu menambahi bahwa pihaknya belum dapat mengambil keputusan lebih lanjut tentang keberlanjutan kompetisi setelah berdialog dengan Menpora. Namun ia akan segera melaporkan hasil rapat tersebut kepada ketua umum PSSI Mochamad Iriawan.

Meski pertandingan Liga 1 yang dilakoni Persija telah menjadi korban langsung dari virus corona, Cucu mengatakan untuk pembukaan dan penyelenggaraan Liga 2 masih akan berlangsung sesuai jadwal.

Liga 2 musim 2020 akan dimulai pada Sabtu, dengan mempertandingkan Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra di Stadion Batakan, Balikpapan.

Baca juga: LIB: Pembukaan Liga 2 di Balikpapan agar dekat Ibu Kota baru

Baca juga: LIB janjikan Liga 1 Indonesia 2020 lebih kompetitif

Baca juga: BOPI berikan rekomendasi izin Liga 1 Indonesia 2020 kepada LIB


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar