Palembang (ANTARA) - Kasus deman berdarah dengue telah menyebar ke seluruh kabupaten di Sumatera Selatan dengan total 819 kasus selama periode Januari-Februari 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini di Palembang, Jumat, mengatakan, dari 819 kasus DBD itu terdapat tiga orang yang meninggal dunia yakni berasal dari Kabupaten Muara Enim, Banyuasin dan Musi Rawas Utara.

“Kami terus memantau perkembangan yang terjadi agar penyakit DBD ini tidak mewabah,” kata dia.

Baca juga: 3 warga Sumsel meninggal dunia karena DBD

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, kasus DBD terjadi di Ogan Komering Ulu 3 kasus, Ogan Komering Ilir 4 kasus, Muara Enim 111 kasus, Lahat 67 kasus, Musi Rawas 33 kasus, Musi Banyuasin 128 kasus, Banyuasin 91 kasus.

Kemudian, OKU Selatan 5 kasus, OKU Timur 65 kasus, Ogan Ilir 23 kasus, Empat Lawang 5 kasus, Palembang 122 kasus, Prabumulih 54 kasus, Pagar Alam 19 kasus, Lubuk Linggau 67 kasus, Pali 11 kasus, dan Musi Rawas Utara 11 kasus.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, terutama saat musim penghujan saat ini.

Saat musim penghujan rentan muncul penyakit diare, demam berdarah dan sebagainya.

Khusus untuk antisipasi demam berdarah, Herman Deru sudah menginstruksikan kepala daerah dari 17 kabupaten dan kota di Sumsel agar waspada.

“Saya sudah imbau pemerintah di tingkat kabupaten dan kota, sampai ke tingkat pemerintah desa untuk mensosialisasikan imbauan untuk tetap menjaga kesehatan agar jauh dari demam berdarah,” kata dia.


Selain itu, Dinas Kesehatan hingga pihak rumah sakit di kabupaten dan kota untuk selalu siaga dalam menghadapi terjangkitnya demam berdarah ini.

“Bersihkan lingkungan, jaga kebersihan dan sanitasi lingkungan. Melakukan PSN (pemberantasan sarang nyamuk) dan melakukan 3M,” kata dia.

IIa menyebut, pihaknya juga sudah mengirim surat edaran ke kabupaten dan kota untuk membantu menyebarkan larvasida dan alat fogging.
“Yang penting tetap terapkan pola hidup sehat dan lalukan konsultasi ke fasilitas pelayanan kesehatan jika ada gejala DBD,” kata dia.

Baca juga: Kasus DBD di Sumatera Selatan terus bertambah

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020