Kemenhub siapkan 1.317 bus mudik gratis Lebaran 2020

Kemenhub siapkan 1.317 bus mudik gratis Lebaran 2020

Dokumentasi - Petugas memberangkatkan angkutan bus gratis di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (24/12/2019). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.

Dengan kenaikan enam persen jumlah bus dibandingkan tahun lalu, diharapkan dapat mampu mengangkut 59.265 penumpang
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menyediakan 1.317 bus untuk 37 kota tujuan dalam mudik gratis Lebaran 2020 yang akan dibuka 23 Maret mendatang.

“Dengan kenaikan enam persen jumlah bus dibandingkan tahun lalu, diharapkan mampu mengangkut 59.265 penumpang,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Marak corona, Kemenhub tetap adakan mudik gratis Lebaran

Tidak hanya bus, untuk truk yang mengangkut sepeda motor disediakan 111 unit untuk mengangkut 4.995 motor.

“Anggaran yang dipakai pun ada kenaikan enam persen menjadi Rp34 miliar,” ujarnya.

Sebagai rincian, khusus bus penumpang, saat arus mudik tersedia 1.087 bus yang mengangkut 48.915 penumpang.

Sementara saat arus balik tersedia 230 bus yang mengangkut 10.350 orang.

Untuk truk pengangkut motor rinciannya, pada saat arus mudik disediakan 86 truk bagi 3.870 unit sepeda motor dan arus balik sebanyak 25 truk untuk mengangkut 1.125 unit sepeda motor.

Jumlah bus dan truk tersedia saat arus mudik lebih banyak daripada arus balik untuk mencegah korban kecelakaan lalu lintas saat mudik karena masyarakat mudik di waktu yang hampir bersamaan dan saat periode arus balik masyarakat cenderung memiliki banyak pilihan waktu pulang yang lebih panjang dibandingkan arus mudik.

“Kota tujuan di tahun 2020 ini diperlebar dari Jakarta maupun Jabodetabek dan melayani kota- kota di Sumatera seperti Padang, Palembang, dan Lampung. Untuk kota di Jawa Barat tersedia empat kota tujuan. Jawa Tengah yang terbanyak yaitu 24 kota tujuan dan Jawa Timur sebanyak enam kota tujuan. Tahun ini juga kami sediakan mudik dari Bali untuk tujuan Yogyakarta dan Surabaya,” kata Budi.

Truk yang digunakan untuk mengangkut sepeda motor tahun ini disediakan untuk melayani delapan kota tujuan yakni Tegal, Semarang, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Magelang, Kebumen, dan Purwokerto.

Sementara arus balik hanya untuk lima kota tujuan yaitu Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

“Untuk pendaftaran mudik gratis kami buka registrasi secara online di www.mudikgratis.dephub.go.id. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar jangan lupa menyerahkan fotokopi KTP, kartu keluarga, dan STNK. Satu formulir berlaku untuk 2 orang dewasa dan 1 orang anak,” kata Budi.

Baca juga: 835 Ribu Tiket Angkutan Lebaran 2020 Telah Terjual
Baca juga: Kemenhub pastikan kelancaran Jalur Cileunyi untuk Lebaran 2020


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Apel kesiapan dan patroli penegakan hukum TSS di Selat Sunda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar