DPD RI pantau kesiapan haji Sumsel

DPD RI pantau kesiapan haji Sumsel

DPD RI berkunjung ke Kanwil Kemenag Sumsel (ANTARA/HO/Dok.Humas Kemenag Sumsel)

Palembang (ANTARA) - Anggota DPD RI bersama anggota Komisi II DPR RI memantau persiapan haji dan Embarkasi Palembang sekaligus mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan.

Anggota DPD RI utusan Sumsel Hj. Eva Susanti yang didampingi anggota DPR RI Komisi II H. Wahyu Sanjaya saat pertemuan dengan jajaran Kanwil Kemenag di Palembang, Jumat mengatakan, kedatangan ke Palembang untuk menggali informasi tentang persiapan penyelenggaraan haji Embarkasi Palembang tahun 1441 H/2020 M.

Jika ada permasalahan tentang persiapan penyelenggaraan haji, silakan disampaikan kepada pihaknya.In syaa Allah akan disampaikan pada Raker DPD mendatang.

"Namun bila ada yang di luar kewenangan DPD, nanti akan coba saya sampaikan kepada DPR,” jelas Eva.

Baca juga: 260 calon jamaah haji Tanjungpinang lakukan proses administrasi

Hal ini karena pelaksanaan ibadah haji harus berjalan lancar sehingga perlu terus dipantau. Apalagi Embarkasi Palembang fasilitas dan pelayanannya sangat baik sehingga itu harus terus dikawal.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi menjelaskan, secara umum persiapan Embarkasi Palembang menyambut musim haji tahun 2020 berjalan lancar.

Untuk biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) yang harus dibayar jamaah haji Sumsel tahun ini Rp30.073.602. Nominal ini lebih murah  dibanding tahun 2019 sebesar Rp33.429.575.

Baca juga: Paspor 276 calon haji asal Dharmasraya sudah rampung
Baca juga: Wapres harap virus COVID-19 tak ganggu keberangkatan haji


Menurut dia, Bipih Embarkasi Palembang juga lebih murah dibanding rata-rata nasional tahun 2020 sebesar Rp35.235.602 karena terkait jarak antara embarkasi dan Arab Saudi.

Hal ini karena makin ke arah barat, memang makin murah, ujar Kakanwil.

Untuk transportasi udara, lanjut Fajri, tahun ini Embarkasi Palembang akan menggunakan maskapai penerbangan Flynas Airlines.

Ini merupakan tahun pertama kita menggunakan Flynas. Kemarin beberapa petinggi Flynas berkunjung ke Kanwil untuk memperkenalkan diri sekaligus berkoordinasi, tambah dia.

Baca juga: Maskapai Flynas layani jamaah haji Embarkasi Palembang 2020
Baca juga: Pemerintah tetapkan biaya haji 2020 per embarkasi
Baca juga: Kemenag siapkan antisipasi cegah corona pada seleksi petugas haji

 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Upaya DPD RI buka akses pasar internasional bagi kopi Temanggung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar