Liga 1 Indonesia

Pelatih: Persipura manfaatkan kelemahan Persebaya

Pelatih: Persipura manfaatkan kelemahan Persebaya

Kiper Persipura Dede Sulaiman (kiri) saat menghalau bola serangan Persebaya di laga pekan ketiga Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (13/03/2020) malam. (ANTARA Jatim/Moch Asim)

Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago mengatakan kunci kemenangan timnya karena mampu memanfaatkan kelemahan Persebaya sehingga mampu mencuri poin penuh pada laga pekan ketiga Liga 1 musim kompetisi 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat malam.

“Titik kelemahan Persebaya saya melihatnya di lini belakang, baik bek dan kiper. Jadi itu yang kami manfaatkan,” ujarnya kepada wartawan setelah pertandingan usai.

Pada laga yang disaksikan sekitar 12 ribu penonton itu, Persipura membekuk tuan rumah Persebaya dengan skor 4-3.

Gol-gol kemenangan tim Mutiara Hitam Persipura dicetak Thiago Amaral menit ke-20 dan 34, M Tahir menit ke-51, serta Ferinando Pahabol menit ke-88.

Sedangkan tiga gol balasan Bajul Ijo Persebaya dilesakkan David Da Silva menit ke-42, Mahmoud Eid menit ke-74 dan Rendy Irwan Saputra menit 90+1.

Baca juga: Persipura tundukkan Persebaya 4-3 di GBT

Menurut dia, sektor Persebaya pada umumnya bagus dan berkualitas, tapi ada kelonggaran sehingga sebelum pertandingan pemain diminta untuk lebih sering melakukan tendangan spekulasi ke gawang lawan.

Pada laga tersebut, Jacksen sebenarnya memiliki sejumlah rencana strategi, namun sebelum pertandingan Ian Kabes gagal bermain karena cedera, Comvalius juga bermasalah pada kakinya, termasuk Boaz Salossa yang harus diganti di 15 menit awal babak pertama.

“Akhirnya saya memanfaatkan rencana lain yaitu mengandalkan kecepatan Gunansar Mandowen, Todd Ferre dan Ferinando Pahabol. Terbukti meski bertubuh kecil-kecil, tapi larinya kencang dan menjalankan instruksi dengan baik,” ucapnya.

Baca juga: Masuk stadion, penonton Persebaya versus Persipura cek suhu tubuh

Skor akhir laga tersebut diakuinya juga hasil dari kerja keras pemain selama latihan, terutama setelah kekalahan dari Borneo FC pada pekan kedua sehingga timnya melakukan evaluasi menyeluruh.

“Setelah kalah, kami langsung ke Surabaya dan berlatih sangat keras. Video permainan juga putar berulang-ulang agar tak mengulangi kesalahan. Puji syukur hasilnya berakhir dengan kemenangan kami,” kata pelatih yang juga legenda Persebaya tersebut.

Sementara itu, pemain Persipura Israel Wamiau bersyukur atas hasil yang diraih timnya dan mengakui buah dari hasil kerja keras selama latihan.

“Bersyukur kami bisa meraih tiga poin di kandang Persebaya. Memang kami akui, gagalnya penalti Persebaya membuat pemain percaya diri di lapangan,” tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Persipura Jayapura umumkan 24 pemain untuk Liga 1 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar