Samarinda (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dijadwalkan menghadiri sekaligus membuka Liga 2 2020 di Stadion Batakan Balikpapan pada Sabtu (14/3).

Gubernur Kaltim Isran Noor sangat mendukung terselenggaranya Liga 2 Indonesia dengan harapan dunia persepakbolaan Indonesia semakin maju dan berprestasi di tingkat Asia bahkan dunia.

"Saya doakan penyelenggaraan Liga 2 Indonesia bisa sukses, aman dan lancar," kata Isran Noor saat menerima audiensi Ketua Asprov PSSI Kaltim Yunus Nusi di Ruang Rapat Gubernur Kaltim di Samarinda, Jumat.

Sementara itu Yunus Nusi memaparkan laga perdana sekaligus pembukaan Liga 2 2020 akan mempertemukan Persiba Balikpapan melawan Kalteng Putra FC yang digelar di Stadion Batakan, Balikpapan dan dibuka langsung Menpora didampingi Ketua Umum PSSI.

Ditambahkan, pelaksanaan kompetisi Liga 2 tahun ini diikuti 24 tim yang dibagi ke dalam dua grup yakni Grup Barat dan Grup Timur. Masing-masing grup berisi 12 tim.

Di Grup Barat, PSMS Medan, PSPS Riau, dan Sriwijaya FC, selain dua tim degradasi dari Liga 1 musim lalu, yakni Badak Lampung FC dan Semen Padang. Selain itu masih ada PSIM Yogyakarta dan Perserang Serang yang juga ada di grup ini.

Sementara di Grup Timur, kata Yunus, ada empat klub asal Pulau Kalimantan. Mereka adalah Martapura FC, Kalteng Putra, Persiba Balikpapan, serta Mitra Kukar. Tim lainnya, Persis Solo dan PSCS Cilacap juga berada di grup yang sama.

Liga 2 kali ini, ujar Yunus, juga diikuti enam klub berstatus promosi dari Liga 3 musim lalu. Keenamnya adalah PSKC Cimahi, Persijap Jepara, Persekat Tegal, AA Tiga Naga, Putra Sinar Giri, dan Persigo Semeru FC.

"Kita harapkan, penyelenggaraan Liga 2 dapat terlaksana dengan sukses aman dan lancar," kata Yunus Nusi.

Baca juga: LIB: Pembukaan Liga 2 di Balikpapan agar dekat Ibu Kota baru
Baca juga: LIB naikkan subsidi klub Liga 2 Indonesia 2020


Pewarta: Arumanto
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020