Jakarta, 18/3 (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) meresmikan peluncuran Pertamina Way Bunker, Pemasaran BBM Industri dan Marine, yaitu unit layanan penyedia bahan bakar minyak (BBM) untuk kapal dan konsumen perkapalan di Tanjung Priok, Jakarta. Dalam sambutannya, Ahmad Faisal, Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina (Persero), "Pertamina Way Bunker adalah penyeragaman prosedur atau standar pelayanan bunker yang harus dicapai oleh setiap Mobile Bunker Agent guna memberikan pelayanan dengan kualitas maupun kuantitas yang optimal sesuai standar yang berlaku dalam bisnis bunker kelas dunia."
   
     Tingginya persaingan bisnis penyedia BBM untuk konsumen perkapalan mendorong Pertamina beserta para Mobile Bunker Agent-nya melakukan upaya peningkatan kinerja unit Pemasaran BBM Industri dan Marine berpedoman pada standar internasional.

     Pertamina memiliki 77 Mobile Bunker Agent yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pertamina berencana meningkatkan kualitas pelayanan bunker-nya melalui penerapan prosedur pelayanan bunker berstandar internasional. Sebagai pilot project, telah ditunjuk 4 (empat) Mobile Bunker Agent dari 16 agent yang dimiliki Pertamina Region II; adalah yang dikelola oleh PT Samugara Arthajaya, PT Ardila Insan Sejahtera, PT Arghaniaga Panca Tunggal dan PT Figar Jaya Samudera. 
   
     Mobile Bunker Agent tersebut telah dibekali dengan berbagai program pelatihan di antaranya `Pelatihan Bunker Crew', `Cargo Officers', `Fire Fighting' serta masing-masing dilengkapi dengan Buku Panduan `Standard Pelayanan Bunker Kapal' sebagai pedoman pelaksanaan Pertamina Way Bunker. Pada akhir 2009, Pertamina Way Bunker direncanakan untuk dikembangkan dan diimplementasikan di semua Region I, III dan IV.

     Pertamina Way Bunker yang melibatkan seluruh fungsi terkait ini diupayakan guna memberi nilai tambah dalam standar pelayanan agar mampu bersaing di pasar internasional sejalan dengan sasaran Pertamina untuk menjadi world class national oil company.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Anang Rizkani Noor, Vice President Komunikasi PT Pertamina (Persero), E-mail: Anang.Noor@pertamina.com

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009