Kami harapkan sekolah dapat meningkatkan intensitas kegiatan olahraga atau aktivitas fisik lainnya agar siswa tetap bugar
Banjarmasin (ANTARA) - Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan mengedukasi kalangan pelajar setempat untuk mencegah penyebaran virus corona karena kini sudah merebak ke sejumlah daerah di Indonesia.

"Jadi hari ini kami serentak mendatangi 20 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banjarmasin untuk sosialisasi hidup sehat mencegah corona," kata Kabid Dokkes Polda Kalsel Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim di Banjarmasin, Jumat (13/3).

Saat menyambangi sekolah, polisi dari tim kesehatan Polda Kalsel mengingatkan siswa untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air dalam keadaan mengalir.

Cara mencuci tangan dengan benar pun diperagakan petugas kepolisian, yaitu ada enam langkah mulai telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, kunci jari-jari, putar ibu jari, serta terakhir kuku jari.

"Kalau tidak ada sabun, minimal menggunakan cairan antikuman pencuci tangan atau cairan antiseptik," tutur Erwinn.
 
Bid Dokkes Polda Kalsel edukasi pelajar SMP di Banjarmasin cegah virus corona, Jumat (13/3/2020). ANTARA/Firman


Ia menyebut hal yang terpenting lainnya dalam pencegahan penularan virus corona dengan rajin berolahraga secara teratur agar daya tahan tubuh kuat sehingga kebal dari ancaman virus.

"Kami harapkan sekolah dapat meningkatkan intensitas kegiatan olahraga atau aktivitas fisik lainnya agar siswa tetap bugar," katanya.

Bagi yang sakit, diminta selalu menggunakan masker agar tidak menularkan penyakitnya kepada orang lain serta mengurangi sentuhan atau kontak anggota badan antarsiswa.

Baca juga: UI siapkan langkah-langkah cegah penyebaran COVID-19
Baca juga: Dokter: Pergerakan orang dibatasi cegah penyebaran virus corona

 

Pewarta: Firman
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020