Jakarta (ANTARA) - Dua putaran babak kualifikasi Piala Afrika 2021 yang sedianya digelar bulan Maret ini ikut terdampak pandemik global COVID-19 yang sudah mempengaruhi berbagai penyelenggaraan ajang olahraga di dunia.

Laman resmi konfederasi sepak bola Afrika, CAF, pada Sabtu WIB, mengumumkan penundaan dua putaran tersebut yang dijadwalkan digelar 25-31 Maret tersebut, tetapi tidak menyebutkan kapan jadwal barunya.

Penundaan kualifikasi Piala Afrika 2021 tersebut boleh jadi akan turut mempengaruhi kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Afrika yang sedianya digelar Oktober.

Baca juga: Piala Afrika 2021 digelar Januari-Februari atas permintaan Kamerun

Pasalnya, putaran final Piala Afrika 2021 di Kamerun dimajukan penyelenggaraannya ke bulan Januari-Februari untuk mencegah musim hujan sekaligus menghindari suhu udara tinggi di benua setempat, yang jadi pengalaman kurang mengenakkan dari edisi 2019.

Praktis, fase kualifikasi Piala Afrika 2021 bakal berusaha diselesaikan sebelum tahun 2020 berakhir.

Penundaan fase kualifikasi Piala Afrika 2021 tidak lepas dari fakta bahwa tidak sedikit pemain yang akan terlibat berkarier di sejumlah liga-liga bergengsi Eropa seperti Italia, Prancis, Inggris, Jerman dan Spanyol, lokasi di mana pandemik COVID-19 sudah mengganggu jadwalnya.

Baca juga: Undian kualifikasi Piala Dunia 2022, juara Afrika dapat grup mudah

Penundaan juga ditempuh CAF terhadap fase kualifikasi Piala Afrika Putri 2020 serta kualifikasi Piala Dunia Putri U-20 zona Afrika.

"CAF memastikan pemantauan mendalam terhadap situasi ini dan berkomunikasi terus dengan otoritas berwenang seperti WHO terkait dampak COVID-19 di Afrika dan kompetisi-kompetisi CAF," demikian tulis pernyataan resmi CAF.

Kejuaraan Afrika, kompetisi yang dikhususkan bagi pemain-pemain berkarier di Afrika, sejauh ini belum terpengaruh jadwalnya di Kamerun pada 4-25 April, tetapi komite medis CAF akan melakukan peninjauan ke sana akhir pekan ini untuk memastikan langkah pencegahan dari panpel lokal.

Federasi sepak bola Maroko pada Senin (9/3) lalu sudah menyerukan agar pertemuan dilakukan terkait apakah kompetisi itu akan tetap dilangsungkan.

Baca juga: Salah absen bela Mesir dalam laga kualifikasi Piala Afrika 2021
Baca juga: UEFA tunda seluruh laga Liga Champion dan Liga Europa pekan depan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020