Jakarta (ANTARA) - Eza Yayang atau yang bernama asli Eza Syaffudin Rochman cukup peduli dengan masalah virus corona, bahkan sebelum ada orang Indonesia yang teridentifikasi dia dan keluarganya sudah berjaga-jaga.

Eza dan keluarga membentengi dengan menjaga kebersihan, pola hidup sehat dan rajin mengonsumsi multivitamin. Selain itu, dia juga membatasi diri untuk tidak berada di tempat umum atau ramai.

"Kita udah berapa lama ya enggak ke mall, kita berdiam diri di rumah saja, paling kalau bosan ya makan di luar tapi makannya di dalam mobil. Bukan jadi trauma atau parno, kita menjaga itu saja, jangan sok cuek juga enggak apa-apa," ujar Eza usai peragaan busana Mothercare Lets Kids Be Kids di Fashion Nation Senayan City, Jakarta, Sabtu.

"Malah dari sebelum pengumuman Indonesia ada dua orang itu, kita udah nahan banget buat enggak keluar. Paling keluar ke lokasi syuting, pulang mandi, pakai alkohol, Aquilla pulang sekolah, mandi, pakai antiseptik," ujar pemain sinetron "Tukang Ojeg Pengkolan" itu.

Menurut mantan penyanyi cilik itu, merupakan hal yang wajar jika masyarakat waspada dengan apa yang terjadi sekarang. Eza berpendapat bahwa masyarakat harus memiliki kesadaran yang tinggi untuk melindungi diri dari virus corona.

"Wajar sih kalau khawatir ke tempat ramai, karena ini penyakit yang bikin lo ditinggalin semua orang, lo sendirian kecuali keluarga, itu juga enggak boleh nemenin, elo sendirian di ruangan. Jadi wajar kalau kita enggak mau salaman, itu hak kita semua," jelas Eza.

Meski demikian, kegiatan syuting Eza masih berjalan dengan normal. Sampai saat ini belum ada pemberitahuan untuk menunda produksi sinetron.

"Masih syuting, sampai sekarang belum ada pemberitahuan, cuma anak-anak di lokasi syuting juga udah mulai menjaga masing-masing, kalau batuk atau bersin udah nutup sendiri atau menjauh. Kru dan pemain udah sadar akan itu, tapi masih syuting sih belum diliburkan," kata Eza.

Baca juga: Bepergian di tengah wabah virus corona, apakah aman?

Baca juga: Tips bersihkan ponsel dari kuman dan virus

Baca juga: Tips cegah paparan virus di kendaraan umum

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020