Bandarlampung (ANTARA News) - Ketua Partai Demokrat, Lampung, Zulkifli Anwar, Kamis, mensyinyalir ada indikasi praktik kecurangan dalam penghitungan suara Pemilu 2009.

"Indikasi ke sana jelas. Karena itu, para saksi dari partai politik diharapkan menjadi pagar penghalang akan terjadinya kejahatan demokrasi tersebut," katanya.

Partai Demokrat mengimbau pelaksana pemilu di semua tingkat untuk melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawaab, profesional dan menjaga independensinya.

"Jangan terpengaruh dengan bujuk rayu yang merusak proses demokratisasi dan telah dengan susah payah dibangun oleh segenap komponen bangsa," terang dia.

Zulkifli menjelaskan, pihaknya percaya pelaksana pemilu mempunyai komitmen yang tinggi untuk melahirkan pesta demokrasi yang berkualitas, jujur dan adil.

Ironisnjya Sekretaris PD Lampung Fajrun Najjah Ahmad menolak menyebutkankan indikasi curang itu dengan alasan tidak etis untuk diungkapkan.  "Kita tetap kawal jangan sampai hal itu terjadi."

PD Lampung mengajak semua parpol untuk membentuk aliansi parpol anti kekerasan demokrasi, sehingga pelaksanaan pemilu berjalan lancar tanpa merugikan masyarakat.

"Kami juga mengajak semua elemen masyarakat untuk mengawasi dengan cermat penghitungan suara sejak di TPS, PPK, dan KPU, karena bukan mustahil ada oknum-oknum yang akan melakukan kecurangan dan itu akan mencederai pesta demokrasi serta melukai hati rakyat," katanya. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009