E-Sport

PB Esports lantik serentak 34 pengurus provinsi

PB Esports lantik serentak 34 pengurus provinsi

Wakil Ketua Umum PB Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo (kiri) melantik pengurus esports tingkat provinsi di Jakarta, Sabtu (14/3/2020). (ANTARA/HO/PB Esports)

Jakarta (ANTARA) - PB Esports Indonesia melantik secara serentak 34 pengurus tingkat provinsi (pengprov) masa bakti 2020-2024 di Jakarta, Sabtu, sebagai upaya melahirkan atlet esports muda dari daerah.

Wakil Ketua Umum PB Esports Indonesia, Bambang Sunarwibowo berharap kepengurusan tersebut mampu mengayomi para atlet esports di daerah agar bisa turut berprestasi di level internasional.

"Semoga pengurus esports Indonesia tingkat provinsi mempunyai semangat solidaritas dan tanggung jawab dan loyalitas yang tinggi, serta siap mengorbankan waktu dan pikirannya untuk memajukan esports Indonesia," ujar Bambang dalam keterangan resminya.

Baca juga: Indonesia resmi miliki PB Esports
Baca juga: Jabat Ketum PB Esports, Budi Gunawan bakal bangun pusat latihan khusus


Bambang mengatakan modal yang dimiliki oleh generasi muda yang kreatif dan inovatif saat ini bagus untuk meningkatkan prestasi esports Indonesia, apabila dilakukan pembinaan yang konsisten, terarah, dan terukur.

Apalagi eksistensi tim esports Indonesia dalam kejuaraan esports tingkat dunia juga bisa dibilang cukup membanggakan.

Beberapa tim esports profesional Indonesia sukses menjuarai berbagai kejuaraan internasional, seperti Mobile Legends M1 Bang Bang World Championship 2019 yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, Free Fire World Cup 2019, Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) Mobile Club Open (PMCO) Fall Split Global Finals 2019, serta meraih medali perak SEA Games 2019 Filipina.

Menurut Bambang, prestasi itu akan semakin meningkat apalagi kini terdapat hampir 60 juta pemain esports di Indonesia. Angka itu diprediksi akan terus bertambah menjadi 100 juta pemain pada akhir 2020.

Di sisi lain, dunia esports dan video gaming juga diklaimnya telah menyumbangkan peningkatan ekonomi di Indonesia.

"Saat ini industri gim esports telah menyumbangkan peningkatan ekonomi cukup besar di Indonesia, di mana pada tahun 2018 mencapai kontribusi sebesar Rp13 triliun," ungkap Bambang.

Oleh karenanya, Bambang meminta agar pengurus PB Esport pusat yang diketuai oleh Budi Gunawan itu bisa bersinergi dengan pengurus di daerah dan menjadi garda terdepan demi menjadikan esport Indonesia disegani dan menuai prestasi serta memberikan dampak ekonomi bagi Tanah Air.

Baca juga: PB Esports akan segera daftar jadi anggota KONI
Baca juga: Dampak corona, kualifikasi ONE Esports Jakarta tanpa penonton
Baca juga: ONE Esports datangkan tim top dunia untuk berlaga di Indonesia



 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

PB Esports resmi dibentuk

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar