Kementan dorong buah manggis Purwakarta diekspor ke Rusia

Kementan dorong buah manggis Purwakarta diekspor ke Rusia

Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto (kiri) berbincang dengan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, di sela Festival Manggis di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu (14/3/2020). ANTARA/HO-Pemkab Purwakarta

Buah manggis Purwakarta memiliki kekhasan yang bisa menjadi daya tarik konsumen di wilayah Eropa
Purwakarta (ANTARA) - Kementerian Pertanian mendorong buah manggis dari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, bisa diekspor ke Rusia, karena memiliki rasa yang khas.

"Rasanya khas sekali. Saya kira, ini daya tarik. Setelah Eropa dan Timur Tengah, kami dari Kementerian Pertanian mendorong ekspor manggis Purwakarta ke negara Eropa lainnya Rusia,” kata Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto, di sela Festival Manggis di Purwakarta, Jabar, Sabtu.

Menurut dia, buah manggis Purwakarta memiliki kekhasan yang bisa menjadi daya tarik konsumen di wilayah Eropa.

Selain itu, negara di Timur Tengah juga kini sudah menjadi pasar tetap manggis  Purwakarta, karena mengonsumsinya secara rutin untuk kesehatan.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan pada tahun ini petani manggis di Purwakarta memanen 74 ribu ton manggis yang berasal dari 1.500 hektare lahan di lima kecamatan.

“Kita sudah bisa ekspor dengan jumlah itu. Tapi, karena imbas virus corona, ekspornya kita urungkan. Jadi, kita maksimalkan untuk kebutuhan manggis di Purwakarta dan wilayah sekitarnya. Karena itu, saya katakan, panen tahun ini khusus untuk warga Purwakarta,” kata dia.

Sementara itu, aneka lomba digelar panitia untuk memeriahkan Festival Manggis 2020 di antaranya lomba makan manggis, tebak manggis, dan menyusun buah manggis.

Baca juga: Ada Festival Manggis di Purwakarta hari ini dan besok
Baca juga: Petani Purwakarta diimbau tak tebang pohon manggis tua, ini alasannya

Pewarta: M Ali Khumaini
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden minta lahan tak hanya ditanami sawit & karet

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar