AHY calonkan diri jadi Ketua Umum Partai Demokrat

AHY calonkan diri jadi Ketua Umum Partai Demokrat

Dokumentasi. Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Diana/ANTARA)

Ini adalah kumpulan surat rekomendasi dari ketua DPD seluruh Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) resmi mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum Partai Demokrat periode ke depan yang pemilihannya menjadi agenda pada Kongres V Partai Demokrat.

"Ini adalah kumpulan surat rekomendasi dari ketua DPD seluruh Indonesia," kata AHY, saat mengisi formulir pendaftaran di meja panitia pendaftaran calon ketua umum, di arena Kongres Partai Demokrat, Jakarta, Minggu.

Didampingi istri, Annisa Pohan, AHY menyerahkan berkas pendaftaran calon ketua umum sebelum pelaksanaan Kongres V Partai Demokrat.

Baca juga: Pengamat: Wajar SBY estafetkan Demokrat ke putranya
Baca juga: Politik kemarin, penanganan COVID-19 hingga kongres Partai Demokrat
Baca juga: Sekjen Demokrat beri isyarat SBY mundur dari Ketua Umum Demokrat


Sejumlah pendukung juga mengiringi AHY saat mendaftar dengan meneriakkan yel-yel "AHY Ketum", "SBY Yes", dan "Demokrat Siap".

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu mengaku mendapatkan dukungan dari seluruh ketua DPD Partai Demokrat selaku pemilik suara untuk maju sebagai ketua umum.

Selain berkas AHY, tidak terlihat berkas lain di meja pendaftaran calon ketua umum.

Partai Demokrat menggelar Kongres V berlangsung di Jakarta Convention Centre (JCC), 15 Maret 2020.

Pelaksanaan kongres yang semula dijadwalkan selama tiga hari, yakni 14-16 Maret 2020 akhirnya dipercepat menjadi satu hari pada 15 Maret 2020.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengakui pelaksanaan Kongres V Partai Demokrat dilakukan dalam waktu yang singkat untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Partai Demokrat juga tidak mengundang tokoh luar, termasuk Presiden Joko Widodo dalam kongres tersebut dengan alasan tersebut.

"Setelah ini, selesai nanti ketua umum terpilih akan menghadap Presiden untuk menjelaskan jalannya acara berikut hasilnya," kata Hinca.

Baca juga: Pengamat: Masuk 10 besar capres, Demokrat harus kapitalisasi AHY
Baca juga: AHY berharap KPK terus miliki peran penting memberantas korupsi

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Demokrat desak polisi usut peluru nyasar di gedung Dpr RI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar