Penambahan "thermal gun" segera dilakukan untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran COVID 19 di 13 stasiun dan gerbong (trainset) LRT
Palembang (ANTARA) - Pengelola pelayanan angkutan kereta api ringan (LRT) di Kota Palembang, Sumatera Selatan terus berupaya menambah alat untuk menyaring lalu lintas penumpang di stasiun sebagai antisipasi penyebaran virus COVID-19.

Manajer Operasional LRT Palembang Miyanto di Palembang, Minggu mengatakan peralatan termometer genggam infra merah atau yang sering disebut dengan temperatur "thermal gun" untuk mendeteksi kondisi kesehatan penumpang jumlahnya terbatas dan akan diupayakan penambahan.

Ia menjelaskan sekarang ini alat untuk mengukur suhu tubuh itu ada beberapa unit yang penggunaaannya difokuskan di stasiun LRT yang ada di kawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

Penambahan "thermal gun" segera dilakukan untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran COVID 19 di 13 stasiun dan gerbong (trainset) LRT, katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya berupaya melakukan pemeriksaan secara ketat penumpang, terutama yang naik dari stasiun Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II untuk mengantisipasi penyebaran COVID 19.

"Setiap penumpang yang akan masuk stasiun dan menggunakan LRT dilakukan pemeriksaan suhu tubuhnya oleh petugas kesehatan dengan menggunakan termometer genggam infra merah," ujarnya.

Tindakan itu dilakukan sebagai upaya menjaga keamanan dan memberikan perlindungan kesehatan secara maksimal kepada penumpang LRT dari serangan virus COVID-19.

Sebagai tindakan antisipatif penyebaran COVID 19, pihaknya menempatkan petugas kesehatan di stasiun LRT untuk melakukan pengecekan suhu tubuh penumpang, memberikan cairan pembersih tangan, dan menyemprotkan desinfektan di sekitar area stasiun dan dalam gerbong LRT.

Melalui upaya tersebut, hingga kini 13 stasiun LRT Palembang dalam kondisi aman penyebaran COVID-19 dan diharapkan dapat dijaga bersama kebersihannya sehingga dapat dipertahankan kondisi anan tersebut, kata Miyanto.

Sementara sebelumnya jajaran Polda Sumsel menurunkan tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) menyemprotkan cairan pembunuh kuman dan virus disinfektan di stasiun LRT Ampera Palembang, Sabtu (14/3), untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID-9.

Sebanyak 70 personel Polwan Polda Sumsel didukung Kowad Kodam II Sriwijaya diipimpin Kombes Pol. Heny kresnowati Soepandi Putri serta tim lainnya dipimpin Kabid Humas Kombes Pol Supriadi dan Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol dr Syamsul Bahar melakukan kegiatan bakti sosial itu di stasiun LRT itu.

Selain melakukan penyemprotam desinfektan di fasilitas umum, peserta bakti sosial tersebut mengedukasi penumpang LRT mengenai cara melakukan pencegahan serangan COVID-19 dengan melakukan tujuh langkah mencuci tangan sesuai anjuran Organisasi Kesehata Dunia (WHO).

Baca juga: Trainset LRT Sumsel disemprotkan cairan disinfektan setiap hari

Baca juga: Polda Sumsel turunkan Dokkes semprot disinfektan di LRT

Baca juga: Pelindo II ingatkan pencegahan COVID-19 ke komunitas pelabuhan

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020