Jakarta (ANTARA) - Mantan petenis peringkat 31 dunia dan semifinalis Wimbledon Tsvetana Pironkova mengumumkan rencana kembali bermain tenis setelah menjadi seorang ibu dan hampir tiga tahun absen dari olahraga tersebut.

Petenis Bulgaria berusia 32 tahun itu terakhir bertanding di Wimbledon 2017, kalah dari Caroline Wozniacki, dan kemudian melahirkan seorang putra pada Maret 2018.

Peraih peringkat tertinggi di Bulgaria dan pembawa standar bagi tenis putri di negaranya pada dekade terakhir, Pironkova mengungkapkan niatnya melalui postingan Instagramnya awal pekan ini, sebagai ibu terbaru yang siap kembali ke WTA.

"Selama tiga bulan terakhir, saya telah berlatih intensif untuk bersaing di level profesional lagi," catat penduduk asli Plovdiv tersebut seperti dilaporkan laman resmi WTA yang dikutip di Jakarta, Minggu.

"Itu bukan keputusan yang mudah, mengingat tantangan yang besar. Ada banyak keadaan yang perlu saya pertimbangkan, tetapi yang paling penting adalah saya mendapatkan cinta dan dukungan penuh dari keluarga saya."

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung saya selama perjalanan karier tenis saya 15 tahun terakhir. Itu benar-benar sangat berarti dan jelas merupakan sumber inspirasi!," katanya.

Baca juga: WTA batalkan sejumlah turnamen karena virus corona

Pironkova meraih peringkat tertinggi 31 dunia dalam kariernya pada 2010, tahun di mana ia mencapai empat besar di Wimbledon dan menjadi putri pertama dari Bulgaria yang mencapai semifinal Grand Slam selama hampir 20 tahun.

Peringkat 82 dunia, Pironkova tidak pernah kalah satu set pun dalam lima pertandingan - termasuk kemenangan menakjubkan, 6-2, 6-3 atas petenis nomor dua dunia saat itu Venus Williams pada perempat final - dan memenangi set pembuka melawan Vera Zvonareva yang akhirnya menjadi runner up sebelum kalah dalam tiga set.

Dia memenangi gelar WTA pertamanya - dan satu-satunya hingga saat ini pada turnamen Premier Sydney International 2014 sebagai pemain kualifikasi di luar peringkat 100 besar - mencetak delapan kemenangan secara keseluruhan, dan tiga kemenangan atas pemain peringkat 10 besar, untuk akhirnya mengangkat trofi.

Terkenal karena kegemarannya mengalahkan bintang tenis di panggung besar, terutama di atas rumput, ia memiliki 12 kemenangan atas 10 pemain teratas dunia, dan juga mencapai perempat final Prancis Terbuka 2016.

Pironkova juga memegang rekor Bulgaria saat ini untuk kemenangan tunggal pada Fed Cup (22), total pertandingan (39) dan tahun (13). Dia menyamai Katerina Maleeva di sebagian besar kemenangan secara keseluruhan (29).

Baca juga: Hindari corona, tenis larang lempar kaus bekas pakai dan tanda tangan

Pewarta: Fitri Supratiwi dan Naufal Difaudin
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020