Dosen memberikan kuliah "online" dari kampus kepada mahasiswanya. Selain perkuliahan, segala kegiatan yang mengumpulkan orang banyak seperti seminar, "talkshow" dan sejenisnya di Untan Pontianak juga ditunda
Pontianak (ANTARA) - Universitas Tanjunpura (Untan) Pontianak, Kalimantan Barat meliburkan perkuliahan atau kegiatan belajar mengajar (KBM) di kampus selama dua pekan ke depan dalam rangka pencegahan virus COVID-19.

"Terhitung sejak Senin, 16 Maret 2020 hingga dua pekan ke depan KBM libur. Kendati demikian proses perkuliahan tetap dilangsungkan secara dalam jaringan (daring) atau 'e-learning' dengan platform Google Hangout Meet," kata Rektor Untan Pontianak Prof Dr Garuda Wiko di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa untuk kebijakan libur hanya berlaku untuk mahasiswa saja. Sedangkan untuk dosen dan tenaga administrasi serta tenaga pelayanan lainnya tetap diwajibkan masuk

"Dosen memberikan kuliah 'online' dari kampus kepada mahasiswanya. Selain perkuliahan, segala kegiatan yang mengumpulkan orang banyak seperti seminar, 'talkshow' dan sejenisnya di Untan Pontianak juga ditunda," katanya.

Ia menjelaskan di era sekarang ini kegiatan perkuliahan sangat memungkinkan dilakukan secara daring karena Untan Pontianak juga sudah mempersiapkan fasilitasi penunjangnya.

"Selain itu aplikasi yang tersedia juga banyak. Apabila Google Hangout Meet terkendala, bisa dialihkan ke platform lainnya. Namun bisa juga menggunakan metode atau platform lainnya. Jadi bukan berarti tidak ada perkuliahan. Tetapi kita alihkan ke digital," katanya .

Ia juga mengimbau kepada mahasiswa agar tidak keluar rumah atau menghindari tempat keramaian apabila tidak penting-penting benar.

"Percuma kalau kita liburkan tetapi mereka saat e-learning berkumpul di tempat yang sama. Ini sama saja pindah kelas kalau begitu. Kami ingatkan kepada mahasiswa, mari bersama perkecil potensi penyebaran COVID-19 ini," katanya.

Rektor  juga meminta mahasiswa untuk senantiasa mengikuti anjuran yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait COVID-19.

"Rajinlah mencuci tangan. Apabila merasa sakit segera memeriksakan diri ke dokter. Kalau kita kompak maka kita bisa melewati masalah ini dengan cepat," katanya.

Selain itu mahasiswa dan civitas akademika Untan Pontianak juga diminta untuk menunda melakukan perjalanan di dalam dan luar negeri. Untan Pontianak juga akan melakukan evaluasi harian terhadap situasi terkait COVID-19 di Kalbar, demikian Garuda Wiko.

Baca juga: Kemendikbud katakan sebagian besar kampus lakukan pembelajaran daring

Baca juga: Mahasiswa Untan ciptakan alat ukur kadar asap rokok

Baca juga: ITB tutup sementara kunjungan dari sekolah terkait COVID-19

Baca juga: Erick Thohir ajak dunia kampus cegah penyebaran wabah corona

Pewarta: Dedi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020