Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang akan membentuk satuan tugas mitigasi corona berjumlah 1.000 relawan yang akan diturunkan ke lapangan menyuarakan upaya pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) kepada masyarakat.

"Kami akan membentuk relawan sebanyak 1.000 orang lebih untuk membersihkan setiap sudut di Kota Padang, rumah ibadah, sekolah dan fasilitas umum secepatnya," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Sumatera Barat, Ahad pada rapat koordinasi pencegahan penyebaran virus corona.

Baca juga: Sekolah di Purwakarta libur dua pekan untuk cegah corona

Menurutnya karena virus corona menjadi pandemi global dan di Indonesia ditetapkan sebagai bencana non-alam perlu ada upaya pencegahan secara serius.

Pemerintah Kota Padang juga akan terus memberikan informasi setiap hari terkait perkembangan virus corona, di Comand Center Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang setiap pukul 15.00 WIB.

Wali Kota Padang itu menegaskan seluruh informasi atau pemberitaan terkait virus corona harus bersumber dari Dinas Kesehatan Kota Padang agar hanya ada informasi satu pintu sehingga masyarakat tidak bingung

Selain itu, Pemerintah Kota Padang terus memantau masyarakat yang berpergian ke luar negeri terutama dari negara-negara yang terjangkit virus corona.

Baca juga: Pemkab Belitung akan liburkan sekolah cegah penularan COVID-19

Pemerintah Kota Padang akan terus mencatat siapa saja yang datang dari luar negeri melalui dinas kesehatan, camat dan lurah-lurah di Kota Padang.

Mahyeldi mengimbau masyarakat untuk terus membudayakan hidup bersih dan sehat sehingga bisa meningkatkan daya imun tubuh.

"Budaya hidup sehat telah diajarkan agama Islam melalui berwudhu dan pada saat yang sama mari berikhtiar mengatasi masalah ini, " ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani Hamid menyampaikan pihaknya akan terus berkoordinasi dan melakukan pemantauan supaya penyebaran virus corona di Kota Padang tidak semakin meluas.

"Untuk itu bagi masyarakat yang ingin mendapat layanan informasi virus corona bisa melalui layanan pengaduan dengan nomor 081261239600 dan 081374334117 untuk whatsap," katanya.


Baca juga: Bupati Bogor instruksikan guru siapkan setumpuk pekerjaan rumah
Baca juga: Wali Kota Bogor sampaikan surat edaran tentang pencegahan COVID-19
Baca juga: Polres OKU periksa pengunjung Citi Mall Baturaja antisipasi Corona

***3***

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020