Daop Surabaya siapkan 43 tenaga kesehatan di stasiun antisipasi corona

Daop Surabaya siapkan 43 tenaga kesehatan di stasiun antisipasi corona

Pemeriksaan kesehatan kepada penumpang yang hendak naik KA di stasiun Gubeng Surabaya. ANTARA/HO PT KAI Daop 8 Surabaya/am.

atas rekomendasi petugas kesehatan, calon penumpang dilarang untuk melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api
Surabaya (ANTARA) - PT KAI Daerah Operasi 8 Surabaya menyiapkan sebanyak 4 pos kesehatan dengan 43 tenaga medis, masing-masing 3 dokter umum dan 40 tenaga paramedis di stasiun pemberangkatan Surabaya Pasar Turi, Surabaya Gubeng, Surabaya Kota dan Stasiun Malang, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto di Surabaya, Minggu mengatakan, pihaknya juga menempatkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu badan bagi calon penumpang di sekitar area boarding stasiun.

"Jika pada saat pengecekan, suhu badan calon penumpang ditemukan mencapai 38 derajat celcius atau lebih, dan atas rekomendasi petugas kesehatan, calon penumpang dilarang untuk melakukan perjalanan menggunakan Kereta Api, dan kami akan mengembalikan penuh biaya tiket 100 persen dil uar bea pesan," katanya.

Apabila penumpang yang batal tersebut membawa pendamping, kata dia, tiket dapat dikembalikan penuh maksimal 4 orang untuk satu kode booking.

"Jika beda kode booking, maka bea tiket dapat dikembalikan maksimal 2 orang pendamping," katanya.

Daop 8 Surabaya juga selalu memastikan kebersihan kereta dengan melakukan pencucian dan pembersihan interior KA, salah satunya dengan menggunakan desinfektan untuk mencegah penyebaran virus.

"Kami juga telah melakukan sosialisasi pencegahan melalui pemasangan banner/ spanduk tata cara pencegahan virus corona, edukasi dengan menggunakan Rail Clinic (Kereta Kesehatan), dan sosialisasi dengan menggunakan medsos dan media massa lainnya," katanya.

Daop 8 Surabaya, juga telah menyediakan Hand Sanitizer di pintu masuk penumpang (Boarding) dan tempat strategis di stasiun lainnya, serta tempat cuci tangan yang mudah terjangkau oleh penumpang.

"Sebagai upaya pencegahan yang harus dilakukan bersama, PT KAI Daop 8 Surabaya mengimbau kepada penumpang yang akan menggunakan transportasi KA untuk menjaga kebersihan tangan secara rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata setelah memegang instalasi publik," katanya.



Baca juga: KAI larang penumpang bersuhu badan tinggi ikut perjalanan
Baca juga: Cegah virus corona, PT KAI Daop 2 rutinkan pembersihan kereta
Baca juga: KAI Sumut siagakan petugas pemeriksaan kesehatan calon penumpang


 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kini, pengembalian uang pembatalan tiket kereta lebih cepat dan aman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar