Bandarlampung (ANTARA) - Komunitas pegiat literasi Perahu Pustaka Lampung menerima donasi 3.000 buku dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Bidang Politik dan Keamanan (Polkam) Azis Syamsuddin.

"Saya mengapresiasi pemberian bantuan buku tersebut," kata pendiri Perahu Pustaka Lampung Radmiadi, dalam keterangannya yang diterima di Bandarlampung, Minggu.

Anggota Fraksi Partai Golkar DPR/MPR Dapil Lampung II Azis Syamsuddin, salah satu Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar 2019-2024 itu, mendonasikan sebanyak 3 ribu buku kepada komunitas pegiat literasi Pustaka Bergerak yakni Perahu Pustaka Lampung.

Baca juga: Pojok Kreatif UI ajak siswa TK melek media sosial

Komunitas dengan energi memasyarakatkan literasi dan meliterasikan masyarakat yang luar biasa sejak didirikan 19 September 2016 berbasis di Lampung Selatan dan Banten itu, sejauh ini dikenal sebagai pahlawan literasi anak-anak di pulau-pulau terdepan, terpencil, tertinggal dan perkampungan nelayan wilayah pesisir pantai perairan Selat Sunda.

Ia mengungkapkan suka cita mendalam dan rasa terima kasihnya atas dukungan Azis.

"Terima kasih banyak untuk support dan dukungan dari Wakil Ketua DPR RI ini. Buku-buku yang didonasikan ini buku baru, kondisinya sangat baik," ujar Radmiadi, seorang ASN Basarnas, Koordinator Tim SAR Pelabuhan Penyeberangan Merak Banten ini.

Saat menerima donasi, dia ditemani salah seorang tim Perahu Pustaka, M Hamdani Rangkayo, di kediaman Azis Syamsuddin, di Bandarlampung, Sabtu (14/3).

Radmiadi gembira dan menyebut buku-buku diterima adalah buku cerita bergambar yang memang sangat digemari anak-anak pulau dan pesisir yang selama ini rutin dikunjungi.

Baca juga: Pojok Baca Antara resmi digunakan di SDS Pantai Indah

Melengkapi keterangan Radmiadi, secara terpisah, Hamdani, pegiat CHiPS Perahu Pustaka ini mengirimkan sejumlah foto proses distribusi buku dari markas Perahu Pustaka, di Dusun Serungku, Desa Klawi, Kecamatan Bakauheni ke sejumlah titik binaan di Lampung Selatan.

Berdasarkan foto, diketahui buku-buku itu di antaranya buku yang berkisah tentang dunia anak, fiksi, pelajaran sekolah, hingga kiprah parlemen.

Perahu Pustaka aktif berbagi info kegiatan di media sosial, dengan "Gerakan Peduli Anak Pulau dan Pesisir", membumikan tekad satu anak minimal satu buku, diperkuat skuad Perahu Pustaka, CHiPS Perahu Pustaka, Jangkar Pustaka, Motor Perahu Pustaka, dan Pustaka Nelayan, mereka juga membuka dompet donasi publik tanpa batas waktu.

"Kepada seluruh masyarakat Indonesia, kami membuka donasi buku, juga dompet donasi. Yang berkenan, bisa menghubungi saya di nomor 085273995899 atau Pak Radmiadi di 082183560102. Salam literasi," ujar Hamdani via pesan elektronik, Minggu.

Baca juga: Pustaka ceria tumbuhkan minat baca anak terpencil di Kabupaten Bogor

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020