Kairo (ANTARA News) - Satu kapal selam Angkatan Laut AS dan satu kapal amfibi AS bertabrakan di Selat Hormuz, Jumat, sehingga 15 personil menderita luka ringan, kata Armada Kelima Angkatan Laut AS dalam satu pernyataan di laman Internetnya.

 Tabrakan antara USS Hartford (SSNA 768) dan USS New Orleans (LPD-18) terjadi sekitar pukul 01:00 waktu setempat (Jumat, 04:00 WIB), demikian antara lain isi pernyataan yang dikeluarkan dari Manama, Bahrain dan dikutip kantor berita Xinhua.

Sebanyak 15 personil Angkatan Laut di kapal Hartford menderita luka ringan dan kembali bertugas. Tak ada personil di kapal New Orleans yang cedera.

Kerusakan secara keseluruhan pada kedua kapal itu sedang diperiksa. Mesin pendorong di kapal selam tersebut tak terpengaruh oleh tabrakan itu.

Kapal New Orleans mengalami kerusakan pada tangki bahan bakar, yang mengakibatkan tumpahan minyak sebanyak 25.000 galon bahan bakar diesel. Kedua kapal tersebut saat ini beroperasi dengan menggunakan mesin mereka sendiri.

Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki.

Kapal selam dan kapal amfibi tersebut saat ini melakukan operasi rutin sebagaimana jadwal di daerah Komando Pusat Angkatan Laut AS, yang bertanggung jawab melakukan Operasi Keamanan Maritim (MSO).

Sebanyak 40 persen minyak yang diperdagangkan di dunia meninggalkan wilayah Teluk melalui Selat Hormuz, yang berada di ujung selatan Teluk dan diapit oleh garis pantai Iran dan Oman.

MSO menjaga keamanan dan kestabilan lingkungan kelatuan serta menjadi pelengkap dalam operasi kontra-terorisme dan upaya keamanan bagi negara regional.

MSO mencegah pelaku teror internasional menggunakan lingkungan maritim tersebut sebagai tempat melancarkan serangan atau mengangkut personil, senjata, atau barang lain.

Hartford, kapal selam klas Los Angeles yang bertenaga nuklir, adalah kapal kedua Angkatan Laut AS yang diberi nama Hartford, Connecticut. Kapal itu diluncurkan pada Desember 1993, dan dioperasikan satu tahun kemudian.

Pada 25 Oktober 2003, kapal selam Hartford kandas di dekat La Maddalena di Sardinia dengan sangat keras sehingga baling-baling, sonar dan peralatan lain elektronik rusak parah.

Kapal itu, dengan panjang 110 meter, lampu sorot 10 meter, dan rangka 9,8 meter, membawa satu reaktor nuklir sebagai sistem pendorongnya.

Sementara itu kapal New Orleans, kapal angkut amfibi klas San Antonio, adalah kapal keempat yang bertugas di Angkatan Laut AS dan diberi nama kota New Orleans, Louisiana. Kapal tersebut dirancang untuk mempu mengirim batalion 700 marinir dengan peralatan lengkap.

Kapal perang itu diluncurkan Desember 2004, dan bertugas pada Maret 2007.(*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009